Pemulihan Ekonomi Menjadi Program Prioritas Dana Desa 2021

  • Whatsapp

 

radarcom.id – Pada tahun 2021 penggunaan dana desa (DD) di Kabupaten Pringsewu diprioritaskan untuk tiga hal yaitu, pemulihan ekonomi, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa dan adaptasi kebiasaan baru.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan oleh Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Pringsewu M. Nasir kepada media radarcom.id, Selasa (12/1).

M. Nasir mengungkapkan hal tersebut sesuai dengan arahan Permen Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020, menimbang penggunaan dana desa pada 2021 untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Pertama untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa salah satunya bisa diwujudkan melalui pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) serta BUMDesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama). Selanjutnya, penyediaan listrik desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif,” ujarnya.

Kedua, mendukung program prioritas nasional sesuai kewenangan desa. Diantaranya pendataan desa, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif.

“Fokus ketiga atau terakhir adalah adaptasi kebiasaan baru atau desa aman COVID-19,” terang M. Nasir. (rif/hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *