HTML Image as link Qries

Tanjung Rusia Paling Parah Terdampak Banjir, Warga dan Petugas Gabungan Lakukan Pembersihan

radarcom.id – Warga Pekon Tanjung Rusia bersama BPBD, TNI, Polri dan Satpol PP saling bergotong royong untuk membersihkan Balai Pekon akibat Banjir Bandang, Rabu (6/1/2021).

Kepala Pekon Tanjung Rusia Wildan Firdaus mengatakan banjir bandang paling parah terjadi kantor balai Tanjung Rusia, kali ini termasuk mendadak. Sehingga tidak sempat melakukan antisipasi.

banner 300600

Hujan cukup lama sekitar 1,5 jam. Banjir bandang berasal luapan air dari wilayah pegunungan Selapan dan Kedaung.

“Banjir bandang tersebut yang terbesar sejak 34 tahun lalu, pada tahun 1986 dan terjadi lagi di pada tahun ini banjir bandang hanya lebih kecil dari banjir tahun 1986,” kata.

Menurut Wildan, untuk kondisi air mencapai sekitar 1,5 meter menggenangi balai Pekon Sehingga tidak sempat lagi menyelamatkan barang kantor seperti komputer, printer dan arsip-arsip terendam air hingga berlumur.

Sedangkan tembok pagar kantor Pekon Tanjung Rusia jebol sehingga masuk ke dalam kantor balai Tanjung Rusia dan bangunan sekolah PAUD temboknya roboh

“Rata-rata warga setempat mengungsi di kediaman saudara-saudara mereka. Rumah warga terdampak banjir di Pekon Tanjung Rusia kurang lebih 100 KK,” ujarnya.

“Untuk kerugian atas peristiwa ini belum bisa ditaksirkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tuturnya.

Bangun Dua Dapur Umum

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas mengatakan bahwa BPBD menerjukan 20 personel untuk membersihkan Balai pekon Tanjung Rusia.

Kita masih perlu mengumpulkan data dari masing-masing Kakon untuk bantuan yang terkena peristiwa banjir bandang.

“Hari ini, kita mengirimkan dua dapur umum yakni dapur BPBD dan dapur Dinas Sosial,” pungkasnya. (hin/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *