Luncurkan PKPB di Pringsewu, Ini Pesan Arinal Djunaidi

  • Whatsapp

radarcom.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) sekaligus tebar benih ikan di Taman Tirta Asri, Pekon Sri Wungu, Kecamatan Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Selasa(1/12/2020).

Kartu Petani Berjaya (KPB) adalah program Gubernur Lampung untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan petani melalui upaya penyelesaian masalah secara struktur, Sistematis, dan berintergrasi dengan pemanfaatan teknologi Informasi.

Bacaan Lainnya

Bupati Pringsewu H. Sujadi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu dan semua pihak yang telah bersinergi dalam upaya peningkatan dan pembangunan di Kabupaten Pringsewu, khususnya di sektor pertanian.

Sementara Kecamatan Gadingrejo akan menjadi lokasi khusus program PKPB, ayng memiliki luas sawah 3.637 Ha atau sekitar 26% dari luas total sawah yang ada dan meliputi komoditas padi sebanyak 127 kelompok tani, dan 6.631 petani yang telah daftar dalam erddk Tahun 2020 sesuai NIK.

“Petani yang sudah terealisasi dalam aplikasi/sistem PKPB sebanyak 3296 NIK dan PKPB yang sudah tercetak oleh BNI 46 sebanyak 3227 NIK. Petani yang telah berhasil menggunakan ini hingga transaksi penembusan pupuk ada 30 orang hingga hari ini,” ujarnya.

Lanjut Bupati Pringsewu, berharap Melalui PKPB para petani mendapatakan kemudahan jaminan dalam usaha budidaya pertanian antara lainya yaitu, ketersedian sarana produksi, akses permodalan, pembiayaan, ansuransi, pembinaan usaha dan teknologi penanaganan panen dan pasca panen, pmeasaran hasil, serta beasiswa pendidikan bagi anak petani berprestasi yang melajutkan ke perguruan tinggi di bidang pertanian.

“Untuk Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan pangan, Dinas Perikanan, dan Para Camat serta pihak lainya ikut mendukung dan membantu supaya bisa bertamabah dan berkembang di Kabupaten Pringsewu,” jelasnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam pesannya mengatakan implementasi Program Kartu Petani Berjaya Provinsi Lampung di Kabupaten Pringsewu Saat ini sedang dalam posisi sulit aktifitas tergantung pada situasi dan kondisi Covid-19, yakinlah suatu saat Covid berakhir.

“Kabupaten Pringsewu sangat strategis tidak jauh dari Lamteng dan Pesawaran, banyak komoditi unggulan pertanian dari berbagai macam,” katanya.

Lanjut Gubernur Lampung, akan upayakan dari luasan tidak besar, tapi dari potensi apabila DPR, Bupati, Rakyat, Pengusaha memikirkan bekerjasama supaya Pringsewu Bisa sederajat Kabupaten lain.

PKPB Hadir di Pringsewu supaya petani meningkat kesejahteraannya pada suatu saat nanti.

Petani sudah secara rutin mampu tata kelola, akan dilakukan petani jangan Sampai terganggu ketika mau tanam, ada benih, ada pupuk, tapi ia tetap membeli, ketika mau jual harga bagus.

Menurtnya PKPB ke depan dapat menambah peningkatan dan keragaman, yang paling tepat di Pringsewu mungkin di perternakan.

Kartu Petani Berjaya memberikan solusi, kartu petani berjaya pasti dapat KUR, bentuk kelompok, mengajukan usulan ke perbankan, plafonnya Rp 50 juta.

Dalam pendampingan pertanian kita lakukan pendampingan ternak, sebelum produksi kita juga harus mencari pasarnya. Oleh karena itu perbankan yang akan menjadi distributor.

“Hukumnya wajib semua petani,
Kedepan tidak ada alasan petani tidak mendapat permodalan, akan kita fasilitasi semua bank, semua bank siap meluncurkan kreditnya. Kartu petani berjaya merupakan kartu sakti para petani,” jelasnya.

Di tengah Covid-19 Lampung terbaik dalam tata kelola penanggulangan Covid-19, dampaknya pada krisis ekonomi, bahkan Lampung menjadi terbaik ketahanan pangan di seluruh Indonesia.

Beberapa kabupaten belum efektif tata kelola, belum produktif hasilnya supaya produksinya lebih tinggi. Kartu petani berjaya betul-betul memberikan solusi.

“Suatu saat petani mendapatkan pendapatan luar biasa, saya berharap Pringsewu merupakan kabupaten yang padat petani luar biasa. Dalam peningkatan produksi tidak perlu diajari, tapi dalam permodalan.
Mudah-mudahan Kartu Petani berjaya solusi bagi petani berjaya,” pungkasnya.(hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *