Wah, Pemuda Pringsewu Ini Mampu Buat Layang-layang Unik

  • Whatsapp
Bermacam bentuk layang-layang unik yang dibuat Hada, pemuda Pringsewu. Foto Istimewa

radarcom.id – Menjalani hobi tentu menyenangkan, apalagi dari hobi tersebut kita bisa menghasilkan uang. Hal inilah yang dilakukan Pemuda asal Kelurahan Pringsewu Selatan. Berawal dari hobi bermain layangan, para pemuda ini berhasil membuat layang–layang unik dengan berbagai macam bentuk yang unik.

Hada salah seorang pembuat layang–layang unik ini menceritakan, pada awalnya dirinya bersama kedua rekannya memiliki ide untuk membuat layang–layang unik yang bentuknya lain dari layangan pada umumnya. Karena, kata dia, bentuk layang – layang yang selama ini monoton dan membuat cepat bosan.

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2020 kami berinisiatif untuk membuat layang–layang yang lain dari biasanya. Kami kemudian mulai membuat layang–layang dengan bentuk yang unik. Saat itu kami berhasil membuat tiga jenis layangan yaitu, bentuk capung, kupu-kupu dan cangcorang,” papar Hada didampingi Tolip dan Iip, Selasa (24/11).

Menurutnya, saat diterbangkan, karena bentuknya yang unik, sehingga ada warga yang berminat untuk membeli layang–layang miliknya.

”Saat itu saya tawarkan Rp200 ribu – Rp 350 ribu dengan bahan kain bukan plastik,” katanya.

Saat ini dirinya mampu membuat berbagai jenis layang – layang sesuai permintaan konsumen.”Kami telah membuat berbagai jenis, seperti kelelawar, burung elang, burung bangau, kupu-kupu, capung, lebah, cangcorang dan kuda. Namun bila meminta model lain akan kami sanggupi,” jelasnya.

Hada mengaku selama ini hanya melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, namun terkadang dirinya juga memanfaatkan jejaring sosial facebook sebagai media pemasaran. Untuk membuat satu unit layangan dirinya mengaku membutuhkan waktu sekitar dua hari.

Dia menjelaskan tidak sepanjang bulan membuat layang–layang, namun hanya pada musim–musim setelah panen padi. Untuk harga, ia menyesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan proses pembuatan bentuk layangan.

“Untuk model kupu kupu pernah menjadi juara pertama pada lomba layang layang di kecamatan Gadingrejo pada bulan september 2020,” pungkasnya. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *