Santri Ponpes Yatim Piatu Penghafal Alquran Riyadhus Sholihin Lolos Seleksi Delegasi Pelajar ke Turki 2021

  • Whatsapp

radarcom.id – Prestasi demi prestasi terus ditorehkan santri Ponpes Yatim Piatu Penghafal Alquran Riyadhus Sholihin, Tanjungkarang Timur Kota Bandar Lampung.

Ardi Oksandi salah satu santri Ponpes Riyadhus Sholihin terus mencetak prestasi. Setelah berhasil juara III Lomba Dai se-ASEAN tahun 2020, Ardi yang kini menjadi siswa SMA Kebangsaan Lampung ini lolos sebagai delegasi Pelajar Indonesia ke Turki dalam program Istambul Youth Summit (IYS) 2021 dengan beasiswa 85 persen.

Bacaan Lainnya

Pengasuh Ponpes Riyadhus Sholihin KH. Ismail Zulkarnain, SH, mengatakan bahwa Ardi Oksandi memang anak yatim yang rajin belajar dan berhasil terus menorehkan prestasinya.

“Ini membuktikan anak yatim piatu juga mampu mengukir prestasi sama seperti anak-anak yang lainnya. Ponpes Riyadhus Sholihin memang selalu berkomitmen mendidik santrinya menjadi manusia beriman, bertaqwa, penghafal Alquran, cerdas, unggul dan insan yang mandiri,” kata Abah—sapaan akrabnya, Kamis (8/10).

Menurut Abah, Ardi sedianya akan mengikuti Program Istambul Youth Summit (IYS) 2021. Rencananya akan digelar pada 1-4 Februari 2021 mendatang.

“Alhamdulillah cita-cita Ardi ingin ke Turki terkabul Abah. Alhamdulillah Ardi lolos seleksi Delegasi Pelajar ke Turki. Tetapi Ardi mohon maaf tidak bisa mendapatkan 100 persen beasiswa, Ardi hanya mendapatkan 85 persen beasiswa saja dan harus membayar lagi Rp 5,5 juta untuk pemberangkatannya,” kata Abah menirukan kabar dari Ardi.

Dilanjutkan, “Sekarang mungkin sudah rezkinya, seorang anak yatim tapi dapat mengucangkan dunia. Ini juga sebagai ajang Ardi membalas dendam kepada masa lalu Ardi yang menyedihkan dan ini sebagai bukti perjuangan Ardi selama 1 bulan untuk bisa lolos Delegasi Pelajar Indonesia ke Turki,” terangnya.

Ardi Oksandi sebelumnya Ardi Oksandi, siswa Kelas 1 SMA Kebangsaaan jalur beasiswa jurusan IPA yang berhasil masuk 100 besar lomba menulis cerpen tingkat ASEAN dalam ajang Asean Short Story Writing Comptetition 2020 yang digelar di Semarang Jawa Tengah September 2020.

Sebelumnya, Ardi juga mengukir prestasi di bidang ceramah atau lomba dai. Yakni meraih empat juara terdiri dari Juara II Da’i  tingkat Provinsi Lampung 2020, Juara Pidato Bahasa Indonesia tingkat nasional 2020, Juara II Lomba Cerpen tingkat Nasional 2020 dan Juara II Pidato Bahasa Arab tingkat Provinsi Lampung 2020.

Abah meneruskan, tentu sangat bangga mereka dididik di pondok untuk mempunyai semangat meraih mimpinya dan ditanamkan menjadi petarung dan pejuang untuk menjadi sang Juara.

Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bandar Lampung itu menambahkan, ponpes Yatim Piatu Riyadhus Shoihin didirikan bukan untuk menjual kemiskinan anak yatim. Tetapi justru mencetak generasi unggul meskipun mereka berlatarbelakang anak yatim piatu.

“Riyadhus Sholihin didirikan bukan untuk menjual kemiskinan anak yatim. Tetapi menjadikan anak yatimnya punya harga diri dan kehormatan,” tegasnya.

Kedisiplinan Agar Menjadi Manusia Unggul

Di ponpes ini, pembelajaran juga dilakukan dengan disiplin untuk menanamkan karakter santri. Tak jarang, santri juga mendapatkan pembinaan berupa sanksi yang mendidik jika mereka kurang berdisiplin. “Tentu tujuannya untuk mendidik disiplin agar karakter mereka bisa baik dan tangguh,” tuturnya.

Ponpes Yatim Piatu dengan Fasilitas ‘Mewah’  

Ponpes Yatim Piatu Riyadhus Sholihin juga memiliki sarana dan prasarana pendidikan dan asrama yang berbeda dibanding ponpes lainnya. Hal ini terlihat dari fasilitas dan sarana untuk menunjang pendidikan anak yatim piatu di ponpes ini tergolong lebih dari memadai. Seperti asrama putra lima lantai yang belum lama ini diresmikan juga tergolong mewah dengan kualitas bangunan yang baik. Bahkan, kamar mandinya pun dengan material granit.

Bahkan, di ponpes yang full gratis untuk anak yatim piatu ini, juga tercukupi dari gizinya sehari-hari. Sehingga santri dapat belajar dengan nyaman dan sehat serta berprestasi. Terbukti dari santri dari ponpes ini yang berhasil masuk menjadi TNI baik darat maupun laut serta kepolisian. (rci/rci)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *