Hal Sederhana yang Harus Kamu Lakukan ketika Mengalami Demam

  • Whatsapp
Ilustrasi demam. ©shutterstock.com/swissmacky
Ilustrasi demam. ©shutterstock.com/swissmacky

Demam atau suhu badan yang meningkat merupakan salah satu masalah kesehatan yang biasa terjadi. Hal ini bisa terjadi pada siapa pun tanpa melihat usia dan jenis kelamin.

Terdapat beragam jenis demam yang bisa dialami oleh seseorang. Sejumlah jenis demam ini tidak perlu diobati dan bakal sembuh dengan sendirinya melalui cara alami yang efektif.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa demam sesungguhnya bukan merupakan penyakit. Hal ini merupakan indikasi dari terjadinya komplikasi di dalam tubuh.

Kondisi ini bisa dikenali dari tingginya temparatur tubuh yang naik dan turun selama beberapa hari. Hal ini tentu menimbulkan rasa cemas pada diri seseorang.

Temperatur tinggi yang muncul dari demam ini biasanya juga disertai merinding dan menggigil pada tubuh kita. Kondisi tak nyaman ini membuatnya kita berupaya untuk menyingkirkannya secepat mungkin.

Terdapat sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah demam ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah langkah sederhana yang harus kamu lakukan pada saat mengalami demam.

Cara Mempercepat Pemulihan Tubuh

Minum Cukup Air

Dehidrasi merupakan salah satu masalah yang umum terjadi ketika demam. Ketika suhu tubuh meningkat pada saat demam, tubuh bahak berusaha mendinginkan diri dengan cara berkeringat.

Kondisi berkeringat ini menyebabkan terlalu banyak air yang hilang dari tubuh. Oleh karena itu, cukup minum air bisa menjadi cara yang harus dilakukan ketika demam.

Mempersiapkan Beragam Kondisi

Sistem kekebalan tubuh melepaskan antibodi untuk melawan patogen yang bisa menyebabkan demam. Hal ini bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko dari infeksi lain sehingga mempersiapkan diri pada kondisi tersebut penting dilakukan.

Beristirahat

Istirahat merupakan hal yang penting ketika sakit karena bisa mempercepat pemulihan. Hindari aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik yang bisa membuatmu lelah dan memperburuk kondisimu.

Pastikan ada cukup waktu untuk beristirahat dan bersantai. Hal ini bisa membuat tubuh kembali berfungsi normal dan menghilangkan demam dalam waktu24 jam.

Alasan Pentingnya Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat sangat berhubungan dengan menurunnya demam dan kembalinya kekebalan tubuh serta energi dalam beberapa hari. Pastikan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, protein, serta lemak sehat. Selain itu, pastikan memilih makanan yang mudah dicerna tubuh.

Alasan Pentingnya Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat sangat berhubungan dengan menurunnya demam dan kembalinya kekebalan tubuh serta energi dalam beberapa hari. Pastikan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, protein, serta lemak sehat. Selain itu, pastikan memilih makanan yang mudah dicerna tubuh.

Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dikonsumsi

Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Konsumsi obat secara bebar merupakan hal yang biasa dilakukan ketika demam. Beberapa orang bahkan secara sembarangan mengonsumsi antibiotik ketika temperatur meningkat tanpa mengetahui penyebabnya.

Kebiasaan seperti ini sesungguhnya berbahaya dan harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah di dalam tubuh memburuk. Antibiotik hanya diperlukan ketika melawan demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan bukannya virus.

Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi hangat dan kaya nutrisi dari teh herbal ini membuatnya mengeluarkan nutrisi yang bisa menurunkan demam. Minuman ini juga mampu mengatasi tubuh yang terasa sakit dan menenangkan ketika demam.

Mengonsumsi Makanan Hangat

Konsumsi makanan dingin atau makanan sembarangan di kaki lima sebaiknya dihindari pada saat demam. Hal ini bisa menyebabkan diare atau bahkan muntam karena sistem pencernaan yang menjadi lemah.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan hangat atau makanan segar. Dua jenis makanan tersebut bisa menstimulasi keringat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

(merdeka.com/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *