Tempuh 7 KM Keliling Pringsewu, Resmikan Padepokan KOSTI

  • Whatsapp

radarcom.id – Memperingati hari jadinya yang ke-7, sekaligus HUT RI ke-75, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kabupaten Pringsewu menggelar ngonthel bareng mengelilingi Kota Pringsewu. Onthel bareng menempuh jarak 7 km ini diikuti sebanyak 500-an onthelis dari berbagai komunitas sepeda di Kabupaten Pringsewu dan sejumlah kabupaten/kota lainnya, diantaranya Pesawaran, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur dan Metro.

Kegiatan ini dilepas oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dari halaman pendopo kabupaten setempat, Minggu (30/8/20), serta turut dihadiri dan diikuti sejumlah pejabat Pemkab Pringsewu. Seusai melakukan onthel bareng, Bupati Pringsewu juga meresmikan Padepokan KOSTI Kabupaten Pringsewu di Jalan Pringgodani No.40 Pringkumpul, Pringsewu Selatan, yang juga tempat garis finish onthel bareng tersebut, ditandai dengan prosesi pengguntingan pita di depan pintu masuk dan pemotongan tumpeng. Serta pemberian cinderamata kepada beberapa onthelis tertua.

Bacaan Lainnya

Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya mengajak seluruh onthelis untuk tetap selalu kompak dan bersatu padu serta menjaga persatuan dan kesatuan meskipun berbeda-beda latar belakang. Sebagai organisasi, KOSTI merupakan sarana yang tepat untuk menjalin persaudaraan.

Selain itu, Bupati Pringsewu juga mengingatkan, karena masih ada suasana pandemi Covid-19, agar bersama-sama disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang ada agar wabah Corona segera berlalu.

Sementara, Ketua KOSTI Kabupaten Pringsewu Donny Haryanto mengatakan saat ini sedikitnya ada 27 komunitas sepeda onthel yang bergabung dalam organisasi KOSTI Kabupaten Pringsewu, bukan hanya dari Kabupaten Pringsewu saja, namun juga dari kabupaten tetangga, terutama yang belum ada kepengurusan KOSTI.

Dikatakan oleh Donny, sepeda tua merupakan saksi sejarah dari perjuangan bangsa Indonesia, karena itu keberadaannya harus tetap dirawat dan dilestarikan.
Ia juga meminta seluruh anggota komunitas sepeda onthel yang tergabung di KOSTI Kabupaten Pringsewu agar selalu menjaga keguyuban dan kerukunan. Termasuk, pada saat pandemi Covid-19 saat ini, agar senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, serta mematuhi protokol kesehatan. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *