Bandar Lampung Firli Bahuri : KPK Kawal Pilkada Serentak

Firli Bahuri : KPK Kawal Pilkada Serentak

radarcom.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Komjen Drs. H. Firli Bahuri, M.Si., menegaskan bahwa pihaknya siap mengawal Pilkada serentak tahun 2020 agar dapat menghasilkan pemimpin yang amanah demi kesejahteraan rakyat.

“Kita akan mengawal dan hadir di seluruh daerah yang melaksanakan pilkada serentak. Kita juga akan mengumpulkan seluruh calon kepala daerah yang sudah ditetapkan,” tegas Firli Bahuri, dalam acara rakor pencegahan korupsi dan pilkada bersih dengan seluruh kepala daerah Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Lampung, Kamis (6/8/2020).

KPK, lanjut Firli, juga akan melakukan pertemuan dengan KPU, Bawaslu, dan Mendagri. “Kita ajak dan buat pakta integritas agar tidak terjadi money politics, dan pilkada berjalan adil, jujur, jauh dari kecurangan, sehingga pilkada dapat menghasilkan para pemimpin daerah yang bisa membawa dan mewujudkan tujuan negara kita,” tambahnya.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Chusnunia Chalim Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Kapolda Irjen Purwadi Arianto, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, Bupati dan Walikota se Lampung serta Ketua KPU Lampung Erwan Bustami dan Ketua Bawaslu Fatikhatul Khoiriyah tersebut, Firli juga memaparkan strategi pemberantasan korupsi dan mengingatkan jangan ada korupsi bantuan Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengucapkan terimakasih dan selamat datang di Lampung kepada Ketua KPK RI beserta rombongan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan terimakasih dan selamat datang di Tanah Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai kepada Ketua KPK RI beserta rombongan,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal berharap hal ini makin memantapkan proses Pencegahan Korupsi dan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati / Walikota pada tanggal 9 Desember 2020. “Hal ini diharapkan berimplikasi pada terwujudnya komitmen para penyelenggara Pilkada,” ujar Gubernur.

Dalam pelaksanaan pengawasan khususnya Pencegahan Korupsi dan Pilkada Bersih di Provinsi Lampung, lanjut Gubernur Arinal, sangat diharapkan Komitmen dari semua pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 ini.

Menurut Gubernur Arinal, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya mencegah terjadinya korupsi dengan melakukan pendampingan dan pengawasan secara terus menerus melalui Inspektorat Provinsi Lampung. Pengawasan dilakukan terhadap program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Lampung, di mana pengelolaan Keuangan Daerah dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

“Alhamdullilah Pemerintah Provinsi Lampung mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung selama 6 tahun berturut –turut,” jelasnya.

Diketahui, Firli dan rombongan KPK tiba di Bandara Radin Inten II Natar Lampung Selatan pukul 16.00 WIB disambut Wagub Chusnunia dan Kapolda Irjen Purwadi Arianto.

Malam ini, Ketua KPK akan melakukan siaran langsung dengan Gubernur Arinal di TVRI Lampung dengan tema ‘Strategi Pemberantasan Korupsi dan Mengawal Bantuan Covid-19’.

Selain rapat koordinasi dan supervisi pencegahan (korsupgah) di kantor Gubernur Lampung, KPK juga akan melakukan supervisi penanganan perkara bersama Kejati Lampung pada Jumat, 7 Agustus 2020.  (adm/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini