Berita Utama 23 Hewan Kurban Terkena Cacing Hati

23 Hewan Kurban Terkena Cacing Hati

radarcom.id – Penyakit cacing hati masih ditemukan pada hewan sapi saat pemotongan hewan kurban pada tahun 2020.

Hal ini diungkapkan Drh. Budi Pramono Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu saat dihubungi melalui via ponselnya, Minggu (2/08).

“Untuk tahun ini data sementara sekitar 23 hewan kurban yang terkena cacing hati,” katanya.

Menurutnya pada tahun ini data sementara hewan kurban di kabupaten Pringsewu berjumlah sapi 935 ekor, kambing-domba 2.335 ekor dan kerbau 8 ekor.

“Tahun lalu jumlah kurban di kabupaten Pringsewu sapi 754 ekor, kambing-domba 1.889 ekor, kerbau 8 ekor dan yang terkena cacing hati 21 ekor,” ucapnya.

Dikatakannya, pemeriksaan hewan kurban sudah satu bulan yang lalu dan tahun ini dinas menurunkan 34 personil tersebar di sembilan kecamatan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban saat pemotongan.

“Hewan yang terkena cacing hati terkadang tidak terlihat dari luar, baru kelihatan saat setelah pemotongan. Itulah perlunya petugas kami melakukan pemeriksaan setelah pemotongan atau pemeriksaan post mortem,” ungkapnya.

Lanjutnya, cacingan itu sangat berkaitan dengan pola pakan ternak yang diberi pakan rumput hasil dari mencari di lingkungan alam terutama di lingkungan lembab basah becek beresiko terkena cacing karena cacing suka dengan lingkungan seperti ini dan mengusahakan tidak merumput di pagi hari atau di lingkungan yang lembab dan basah.

“Untuk hewan kurban yang terkena cacing hati agar hatinya dibuang dan dimusnahkan karena sudah tidak layak konsumsi. Hewannya sapi atau kerbau yang terkena cacing hati agar diberikan obat cacing setiap 3- 4 bulan,” pungkasnya. (hin/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini