Opini “Aku Tunggu Kamu di Tegal Mas Lampung”

“Aku Tunggu Kamu di Tegal Mas Lampung”

Catatan : Apriyan Sucipto, SH, MH, (Pemerhati Masalah Lingkungan) 

Pulau Tegal Mas menyajikan suasana laut yang masih sepi dan alami, karena lokasinya di pulau terpencil yang dikepung perbukitan. Air laut berwarna hijau toscha yang bening, dengan terumbu karang yang indah menjadi pemandangan utama di depan resor. Lautnya juga tak bergelombang karena posisinya berada di Teluk Lampung, terlindung dengan gugusan pulau yang berbukit-bukit.

Di Pulau Tegal Mas, terdapat cottage dan jajaran vila yang ditempatkan dalam cluster Kampoeng Lombok Mas. Vila-vila itu dibangun dengan gaya tradisional, beratap jerami dan berdinding kayu. Sewanya, antara Rp 2,5 juta – Rp 3 juta untuk enam orang. Biaya itu sudah termasuk antarjemput ke Pulau Sari Ringgung, snorkeling, sarapan dan bermain kano. Sementara tariff cottage mencapai Rp 1,5 juta – Rp 2,5 juta untuk 5 orang.

BACA  Netralitas Birokrasi

Biaya untuk menyewa cottage dan vila itu sudah termasuk segala fasilitas pendukung yang ada di Pulau Tegal Mas. Namun beberapa peralatan harus disewa dengan biaya yang terjangkau.

Selain wisata baharinya yang memukau, pulau seluas 68 hektare ini menyediakan beragam wisata pantai, semisal mengendarai ATV untuk off-road di sekitar pantai.

Pulau ini relatif mudah dijangkau. Dari Bandar Lampung, wisatawan harus berkendara menempuh jarak 24 km ke Pantai Sari Ringgung, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Lalu menyeberang ke Pulau Tegal Mas sekitar 30 menit. Setiba di Pulau Tegal Mas, setiap wisatawan dikenai tiket masuk Rp 25.000 – Rp 30.000.

BACA  Lampung di Antara Pandemi dan Pertumbuhan Ekonomi

Keindahan Pulau Tegal Mas, menjadi harta karun wisata bahari di Lampung. Meski popularitasnya belum sepopuler Derawan, Raja Ampat, atau Sabang, namun pulau ini memiliki keindahan laut yang setara dengan destinasi papan atas itu.

Wisatawan bisa menyelam atau snorkeling untuk menikmati berbagai jenis ikan berwana-warni serta flora dan fauna lautnya. Bila sedang beruntung, penyelam bisa bertemu penyu hijau besar. Hebatnya lagi, keindahan bawah laut ini bisa dinikmati di kedalaman hanya 1 meter.

Terpesona dengan keindahan Maladewa yang khas dengan resort atau cottage apung di atas permukaan laut? Indonesia juga punya lho! Salah satunya adalah Pulau Tegal Mas Lampung! Sebuah pulau berpenghuni yang berlokasi di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kawasan ini menjadi satu dari beberapa destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Sebabnya, ia memang cantik dan instagenic.

BACA  Melihat Geliat Desa Wisata Pekon Sriwungu Pringsewu

Pulau Tegal Mas, merupakan Salah satu dari banyak nya destinasi wisata, di Lampung. Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Pesawaran, harus bisa bersinergi untuk meningkatkan eko-wisata di daerah. Dengan lebih fokus menggali dan melaksanakan rencana program program pengembangan dan pemanfaatan wisata di sepadan pantai dan pulau-pulau kecil, di daerah Lampung.

Penasaran seperti apa lengkapnya objek wisata di lampung yang takkalah cantik dibanding Maladewa.

Surga, yang tersimpan…!!! Kalimat ini bisa jadi Pantas untuk disematkan di Pulau Tegal., Aku tunggu kamu, di Tegal Mas. Lampung. (*)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini