Berita Utama Gempa Pacitan 5,0 M Dirasakan Cukup Kuat di Yogyakarta

Gempa Pacitan 5,0 M Dirasakan Cukup Kuat di Yogyakarta

Ilustrasi Gempa/Istimewa

radarcom.id – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah, Senin (22/6/2020) pukul 02.33 WIB. Seperti dilaporkan situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 107 km Barat Daya Pacitan.

Gempa tersebut terjadi pada 9.11 LS dan 110.85 BT dengan kedalaman 63 Km. Namun, gempa  tidak berpotensi tsunami.

Tak hanya Pacitan, getaran gempa juga sempat dirasakan di sejumlah daerah. Di antaranya Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, Karangkates, Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, Purwokerto, Klaten, dan Sukoharjo.

BACA  Menuntut Tanggung Jawab Negara Terhadap Perlindungan Korban Kekerasan

Cukup Kuat di Yogyakarta

Sementara itu, warga di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dikagetkan dengan getaran gempa yang terasa cukup kuat pada Senin dinihari 22 Juni 2020. Mereka sontak berhamburan ke luar rumah.

Tak sedikit orang tua membopong anak anak mereka yang masih balita karena khawatir terhadap dampak gempa. “Gempa yang ini terasa sekali,” ujar Sugiarto, warga Wirobrajan Kota Yogya sembari menggendong putrinya yang masih kecil diikuti istri dan anak sulungnya.

BACA  Pelantikan dan Pelatihan DPC, DPAC Perempuan Bangsa Pringsewu

Sementara warga Godean, Sleman, Purnomo, juga mengaku khawatir. Menurutnya, gempa terasa cukup kuat. “Takut kalau bangunannya tidak bakoh (kuat), padahal pas orang sedang lelap tertidur,” ujar ayah dua anak itu seperti dikutip Tempo.

BACA  Buktikan (FauziPedia)

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikas (BMKG, gempa dinihari ini, terjadi pukul 02.33 wib, berpusat di laut selatan 107 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 91 kilometer.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini