Berita Utama 7 Makanan yang Bisa Memperburuk Kondisi Asam Urat

7 Makanan yang Bisa Memperburuk Kondisi Asam Urat

radarcom.id Salah satu masalah kesehatan yang bisa terasa sangat menyebalkan adalah asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat penumpukkan asam urat sebagai hasil dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh.

Jika jumlah asam urat yang dibuang lebih kecil daripada jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun dan membentuk kristal tajam di persendian. Hal ini juga menimbulkan peradangan yang terasa sangat sakit.

Salah satu faktor penyebab asam urat yang umum adalah berasal dari makanan tinggi zat purin. Oleh karena itu, terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari ketika kamu rentan mengalami masalah ini.

BACA  Jalinbar Lampung Masih Tertutup Longsor

Sejumlah makanan bisa memperburuk kondisi asam urat yang tengah kamu alami. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa makanan sebaiknya kamu hindari.

Makanan Berbahan Tepung

Tepung, terutama tepung terigu yang biasa kamu konsumsi hanya memiliki sedikit nutrisi sehat di dalamnya. Konsumsi makanan ini secara berlebihan bisa memicu peradangan dan memperburuk masalah asam urat.

Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 6

Walau bisa bermanfaat, konsumsi asam lemak omega 6 secara berlebihan bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. Jenis makanan dengan kandungan tinggi omega 6 yang sebaiknya dihindari berupa minyak jagung, minyak bunga matahari, hingga mayones.

Makanan Manis

Makanan manis terutama yang dikonsumsi secara berlebih bisa berdampak buruk kepada tubuh. Tidak hanya dapat meningkatkan gula darah, makanan manis ini juga bisa meningkatkan masalah asam urat di dalam tubuh.

BACA  KPK Raih Penghargaan The Most Awesome in Talent Acquisition

Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam dikenal bisa memperburuk asam urat yang sedang kamu alami. Makanan jenis ini juga bisa memicu sejumlah penyakit autoimun seperti rematik, psoriasis, serta multiple sclerosis.

Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan tak sehat yang sebaiknya kamu hindari. Gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh dan memperburuk penyakit asam urat.

Produk Olahan Susu

Pada sejumlah kondisi, produk olahan susu sangat penting dikonsumsi karena bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Namun pada seseorang yang rentan atau memiliki asam urat, jenis makanan ini bisa membuat masalah mereka menjadi kambuh atau memburuk.

BACA  KPK Panggil Anggota DPRD Muara Enim Sumsel Terkait Kasus Suap Proyek PUPR

Makanan yang Dibakar

Pengolahan makanan dengan cara tertentu seperti dibakar atau dipanggang juga bisa berdampak pada kondisi ini. Cara masak ini bisa menyebabkan munculnya toksin tertentu dan memicu peradangan dalam tubuh.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi secara berlebih terutama ketika memiliki riwayat asam urat. Jika masalah ini tak kunjung usai, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk menanganinya. (mdk/rwp/rci)

 

Sumber: merdeka.com

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini