Sukses, Halal bi Halal Virtual IKA FKIP Unila, Pertahankan Silaturahim Ditengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

radarcom.id – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FKIP Universitas Lampung menggelar halal bi halal Idul Fitri 1441 H sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila. Halal bi halal digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom, Senin (1/6/2020) petang.

Mengambil tema “Dengan Halal bi Halal Kita Pertahankan Silaturahim Ditengah Pandemi Corona” dihadiri para pengurus dan anggota IKA FKIP Unila.

Bacaan Lainnya

Diantaranya dihadiri Ketua Umum IKA FKIP Unila Ibnu Hasan, M.Pd., Ketua Harian IKA FKIP Unila Prof. Irwan, Wakil Dekan 1 dan 3 FKIP Unila, sekum IKA FKIP H. Ristu Irham, S.Pd, M.Pd, Ketua Harian Albet Meydiantoro, S.Pd, MPd, Ketua Senat Unila asal FKIP M. Basri, Ketua Dewan Pakar Dr. M. Thoha BS, Jaya, dan penceramah Dr. H. Nadirsyah Hawari, Lc, MA, dengan inisiator acara sekaligus ketua panitia Ustadzah Yuliani.

Acara ini begitu hangat yang dimoderatori oleh Cheri Saputra, S.Pd., M.Pd., dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Idrus Efendi, M.Pd., ditutup dengan do’a oleh Ust Agus Mukhandar, M.Pd.

Ibnu Hasan yang juga Asdep Kemenpora RI mengatakan agar nilai-nilai Pancasila tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Pancasila sebagai perekat dan pemersatu Bangsa adalah kesepakatan tidak perlu didiskusikan lagi. Pancasila juga membuka ruang tumbuh kembang semua agama, nilai-nilai budaya dan adat istiadat. Momentum hari lahir Pancasila adalah saat kita duduk sama rendah berdiri sama tinggi dan berkompetisi secara sehat antara bangsa-bangsa di dunia. Tentunya dengan tetap berkolaborasi dengan dunia internasional, tetapi kepribadian Indonesia tetap kokoh dan membumi yang memiliki jati diri, serta dilandasi nilai luhur Pancasila,” terang Ibnu Hasan.

Putra asli Lampung itu meneruskan, apapun situasinya IKA FKIP secara organisasi harus terus berperan dan berjalan dengan bekerja sama dengan semua pihak terutama dengan Fakultas dan Universitas.

Sementara itu, Prof Irwan menyambut positif kegiatan halal bi halal ini. Dia sangat mengapresiasi terlebih ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar oleh IKA Fakultas yang ada di Unila. “Selamat saya ucapkan dan terus berbuat kebaikan,” kata Prof Irwan.

Ketua Dewan Pakar Thoha BS Jaya mengatakan aktivitas pembelajaran harus berjalan meskipun meski terkendala Covid-19. Diantaranya dengan cara virtual /dunia maya lainnya.

Inisiator acara, Ustadzah Yuliani juga menyampaikan apresiasinya. “Secara pribadi dan organisasi IKA FKIP Unila harus selalu siap dan aksi melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk kemaslahatan bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Sekum IKA FKIP Ristu Irham, M,Pd yang juga kepala dinas di Kab. Tulang Bawang menyatakan kegiatan ini luar biasa, Sebab dengan waktu persiapan yang sangat singkat sekitar 24 jam tapi dapat terlaksana dengan keakraban dan soliditas organisasi begitu nampak.

“Suasana akrab dan hangat begitu terasa meskipun dengan virtual. Suasana kebatinan terbangun,” ujarnya semringah sambil menyetir mobil dari Kotabumi menuju Bandar Lampung.

Salah satu pengurus dan anggota IKA FKIP Ersontowi mengaku merasa bangga menjadi pengurus dan anggota IKA FKIP. “Nilai kekeluargaan yang tinggi dan egaliter. Komunikasi terbangun dengan harmoni,” kesannya.

Albet sebagai ketua harian sekaligus motor penggerak hampir diseluruh kegiatan IKA FKIP dalam acara ini juga menyampaikan kesannya.

“Luar biasa dukungan pengurus dan anggota diluar dugaan dapat terselenggara dengan baik. Terima kasih semuanya,” ucapnya.

Sementara itu, Fitri salah satu pengurus IKA FKIP Unila mengatakan lebih merasa memiliki organisasi karena ragam kegiatan. Seluruh warga meeting Zoom meeting juga berkesempatan menyampaikan selamat kepada Fitri yang baru diangkat menjadi salah satu kepala sekolah SMA Negeri di Pesawaran.

M. Basri selaku ketua Senat Unila asal FKIP menyatakan bangga dan salut dengan acara halal bi halal tersebut. “Semoga kebersamaan dirajut dengan indah,” kata Basri.

Sementara Wakil Dekan 3 FKIP Unila mewakili fakultas menegaskan prinispnya fakultas sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh IKA FKIP.

Senada dengan Wakil Dekan 1 FKIP Unila juga menyatakan siap memfasilitasi setiap kegiatan bermanfaat IKA FKIP. terutama bidang pendidikan.

Utusan alumni muda IKA FKIP Fitria dan Tias sependapat menyatakan bahwa kalangan muda membutuhkan suri tauladan yang baik dan mudah diikuti. “Saya sangat salut kepada para senior yang begitu bersemangat,” ucapnya.

Hatma, salah satu anggota IKA FKIP muda lainnya menyatakan tak menyangka dan kagum dengan acara yang begitu bermakna. “Meski saya terlambat mengikuti acara ini agar terus dilanjutkan agar berkesinambungan untuk memperpanjang silaturahim,” tuturnya.

Sementara itu, Filhusni dari Krui, Lampung Barat yang merupakan teman satu angkatan dengan Ketum IKA FKIP Ibnu Hasan menyatakan bila perlu IKA FKIP Unila dibentuk di tingkat kabupaten/kota agar IKA FKIP bisa menebar manfaat lebih luas. (rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *