Berita Utama ‘Jomblo’ (FauziPedia)

‘Jomblo’ (FauziPedia)

Oh Ternyata Begini Toh Asal Usul Kata “Jomblo”

 

FAUZIPEDIA – Kata “jomblo” sudah sering kamu dengar. Bahkan, dalam satu titik seseorang, pasti pernah jomblo. Lalu, apa artinya ‘Jomblo’ gaes?

Meski bahasa Indonesia yang baku kata yang tepat adalah “jomlo,” tapi “jomblo” lebih familiar di telinga kan?

Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan atau kekasih.

BACA  Tanpa Keluarga

Memang kata jomblo itu sendiri tidak akan kita temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena ternyata jomblo berasal dari kata “jomlo.”

Ternyata kata tersebut berasal dari bahasa Sunda yang sudah dibakukan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki arti negatif dari gadis tua. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan.

BACA  Bupati Pringsewu Raih Piagam Penghargaan dari BPS

Kenapa kata jomlo menjadi jomblo? Ternyata kata jomlo sendiri bila dilafalkan, lebih enak ditambahi kata ‘b’. Sehingga hingga kini, kata yang digunakan adalah jomblo.

Seiring perkembangan zaman, kata jomblo mengalami perluasan makna, tidak hanya digunakan untuk perempuan namun ternyata juga bisa digunakan para laki-laki.

BACA  Rahayu di Gedung Voli

Nah, sekarang kamu jadi ngerti kan arti kata jomblo berasal dari mana. Lumayan lah ya, jadi setingkat lebih jago dengan tahu sejarah status yang kamu (pernah) sandang. Hampura.. hehehe. (fauzipedia/idntimes)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini