Berita Utama Maknyus (FauziPedia)

Maknyus (FauziPedia)

‘Maknyus’

FAUZIPEDIA – ‘Maknyus’ masuk ke dalam bahasa gaul yaitu ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari.

Berikut ini adalah arti maknyus menurut rangkuman dari berbagai referensi. Definisi ‘Maknyus’ dipakai sebagai ungkapan untuk mengekspresikan kelezatan.

Contoh:

A : “eh cuy, elo beli paha ayam goreng dimana nich?”

BACA  Cek Langsung Penampungan Air, Wabup Fauzi Pastikan PSN Cegah DBD

B: “di warteg sebelah kos, memang kenapa bro”

A: “aje gile cuy, maknyus banget rasanya, mantap deh”

B: “iye bro”.

Dalam bahasa Jawa, istilah ‘Maknyus’ memang dipakai untuk menggambarkan rasa yang sangat enak. Pertama kali istilah tersebut dipakai oleh almarhum budayawan asal Yogyakarta, Umat Kayam.

Dalam bukunya Umar Kayam, menggambarkan kelezatan ayam panggang Klaten atau disebut sebagai ‘ayam penggeng’ dengan sebutan ‘maknyus’. Istilah tersebut kemudian dipinjam dan diakui oleh Bondan Winarno.

BACA  60 Orang Pendatang dari Jakarta Disemprot Desinfektan, Didata dan Karantina 14 Hari

Dengan gerakan ibu jari yang dipertemukan dengan jari telunjuk, ia mengucapkan istilah ‘Maknyus’ seraya mengecupnya. Tak pandang bulu, Bondan selalu mengucapkan istilah tersebut saat mencoba deretan kuliner dari berbagai wilayah di Indonesia.

BACA  Berbelasungkawa, KH Ismail Zulkarnain Terkenang Pertemuan Terakhir dengan Almarhumah Ibunda Presiden Jokowi

Selain istilah ‘Maknyus’, ia menciptakan istilah baru untuk makanan yang enak dan patut dicoba atau direkomendasikan agar dicoba. Istilah tersebut berbunyi ‘Top Markotop’. Kini, sosok yang kerap menyebutkan nama tersebut sudah tiada. Bondan Winarno menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun. (dbs/fauzipedia)

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini