Berita Utama Pilkada Lampung Timur, Zaiful Bokhari “Wis Bener Dalanmu”

Pilkada Lampung Timur, Zaiful Bokhari “Wis Bener Dalanmu”

Bupati Lamtim H. Zaiful Bokhari, ST, MM, bersama istri Ny. Hj. Putri Ernawati Zaiful Bokhari dikenal dekat dengan rakyat dan biasa berbaur dengan masyarakat Lamtim. Foto dok.
Bupati Lamtim H. Zaiful Bokhari, ST, MM, bersama istri Ny. Hj. Putri Ernawati Zaiful Bokhari dikenal dekat dengan rakyat dan membaur dengan semua masyarakat Lamtim hingga kalangan bawah. Foto dok.

Catatan Krista Riyanto *)

Pada pekan ketiga bulan September 2020, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, selaku petahana punya peluang sekaligus tantangan besar untuk memenangkan kompetisi politik itu.

Peluangnya karena dia memiliki sumber daya untuk bergerak, sedangkan tantangannya karena dia harus memiliki kelebihan prestasi selama memimpin agar bisa memenangkan hati masyarakat pemilih.

Dengan program unggulan yang dia luncurkan sejak tahun lalu, Zaiful punya jalan lapang untuk memenangkan hati msyarakat pemilih. Program unggulan seperti menyediakan anggaran pembangunan/rehabilitasi jalan bernilai Rp250 miliar, berobat gratis di pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit daerah, ambulans gratis, dan kartu identitas anak di bawah usia 17 tahun, adalah program yang menyentuh kebutuhan elementer masyarakat secara luas.

BACA  Berfikir 1000

Khusus untuk program pembangunan jalan dan berobat gratis ini, selain sejalan dengan program nasional yang dikembangkan oleh Presiden Joko Widodo, juga menjadi terobosan yang amat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan pendapatannya sekaligus menekan pengeluaran masyarakat manakala mereka menderita sakit.

Tidak banyak kepala daerah yang berani mengadopsi program seperti itu, karena program itu menyedot anggaran yang tidak sedikit serta menguras perhatian kepala daerah. Tetapi Zaiful berani melakukannya karena dia bertekad menolong masyarakat sekaligus ingin memenangkan hati mereka.

Dengan program yang sejalan dengan pemerintah pusat ini, Zaiful sudah menang beberapa langkah dibanding calon penantangnya. Tinggal bagaimana Zaiful dan timnya mengawal program ini secara konsisten dan spartan agar berjalan sesuai harapan masyarakat.

BACA  UN 2020 Dihapus karena Corona, Kemendikbud Kaji Opsi USBN

Sebaliknya, program pembangunan infrastruktur jalan dan berobat gratis ini juga bisa menjadi batu sandungan yang merugikan Zaiful bila tidak berjalan sesuai harapan masyarakat. Bila ini terjadi, penantangnya sudah pasti akan menggunakan kegagalan program ini sebagai alat untuk mem-bully-nya secara politis.

Berbagai elemen masyarakat Lampung Timur yang merantau di Jakarta banyak yang merespon positif program pembangunan infrastruktur jalan dan berobat gratis ini. Mereka banyak berharap kepada Zaiful agar program unggulan ini dijalankan dengan sungguh-sungguh.

“Saya ingin melihat kampung halaman saya punya jalan memadai dan penduduknya terjamin kesehatannya,” ujar Sardono (42 tahun), perantau dari Lampung Timur yang menetap di kawasan Jakarta Timur.

BACA  DPP Golkar Terbitkan Surat Tugas untuk Rycko, TEC, Dendi dan Musa

Dengan harapan besar seperti Sardono tadi, Zaiful sudah membangun track yang benar dalam merintis jalan menuju kemenangan dalam kompetisi politik bulan September nanti. Orang jawa bilang “Wis bener dalanmu”.

Tinggalah tim kampanyenya, khususnya media dan siber dalam menyebarkan progres dari program unggulan ini ke berbagai sudut kehidupan di Lampung Timur. Kabar baik dari program pembangunan yang disebarkan secara massif dan bulang-ulang, hasilnya mendekati harapan. Selebihnya sebagai penentunya adalah Allah SWT. (*)

 

*) Penulis dan Mantan Jurnalis

 

 

 

 

==========================

Redaksi radarcom.id menerima karya tulisan dan artikel dalam bentuk opini. Isi diluar tanggung jawab radarcom.id 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini