Berita Utama Pernah Alami Serangan Jantung, Lakukan Ini Agar Tak Terulang

Pernah Alami Serangan Jantung, Lakukan Ini Agar Tak Terulang

Ashraf Sinclair (Tabloidbintang.com)

radarcom.id –  Ashraf Sinclair, aktor sekaligus suami Bunga Citra Lestari atau BCL meninggal dunia karena serangan jantung. Kabar ini muncul melalui pesan di grup Whatsapp wartawan hiburan. Manager BCL, Doni, membenarkan kabar itu. “Benar. Keterangan akan kami berikan nanti, kami sedang mengurus jenazah,” ujarnya pada 18 Februari 2020.

Serangan jantung bisa mengenai siapa saja. Para ahli kesehatan mengatakan sekitar 86 persen orang akan selamat dari serangan jantung pertama. Bila Anda pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya lakukan ini sebagai pencegahan agar hal serupa tak terulang?

BACA  Rakernas Ditunda Karena Corona, Zulkifli Hasan akan Umumkan Pengurus PAN Besok

Dikutip Tempo, pertama, lakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Ahli kardiologi di Heart and Vascular Center, Dartmouth-Hitchcock Medical Center, Bruce Andrus, seperti dikutip dari Insider, Selasa menuturkan serangan jantung biasanya menandakan ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

 

Pada kebanyakan pasien akan ditemukan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes – yang semuanya berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung. Kemungkinan satu atau lebih dari faktor-faktor ini menyebabkan penumpukan plak di arteri, membatasi aliran darah ke jantung dan menyebabkan serangan jantung.

BACA  Wagub Pimpin Penyemprotan Disinfektan di SMA/SMK/SLB Cegah Covid-19

Ahli kardiologi dari Providence Saint John’s Health Center, Nicole Weinberg mengatakan, perawatan yang diberikan petugas medis akan fokus pada pembukaan arteri dan mengembalikan aliran darah ke jantung.

Bagaimana memulihkan diri usai serangan jantung? Setelah selamat dari selamat jantung, Anda harus fokus meningkatkan kesehatan jangka panjang. Serangan jantung bisa menyebabkan masalah jantung lebih lanjut dari waktu ke waktu, seperti gagal jantung.

BACA  MUI Lampung Keluarkan Maklumat Salat Jumat di Tengah Pandemi Corona

 

Sekitar 20 persen pasien serangan jantung berusia 45 tahun dan lebih tua akan mengalami serangan jantung kedua dalam lima tahun.

Selain meresepkan obat-obatan, dokter juga akan fokus pada perbaikan gaya hidup untuk memperbaiki juga tekanan darah atau menurunkan kolesterol (jahat yang tinggi), antara lain berhenti merokok, makan makanan sehat berimbang, aktif, menurunkan berat badan, kelola tekanan darah, kontrol kolesterol dan gula darah. (tmp/rci)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini