Berita Utama Komite II DPD RI Raker dengan Menteri PUPR Bahas Program Terkait Kepentingan...

Komite II DPD RI Raker dengan Menteri PUPR Bahas Program Terkait Kepentingan Daerah

radarcom.id – Komite II DPD RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Ruang Rapat Majapahit, DPD RI, Senayan, Selasa (18/2).

Hadir dalam raker tersebut Meneri PUPR dan Pimpinan Komite II DPD RI yakni Yorris Raweyay, Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin dan Senator lainnya.

“Maksud dan tujuan diadakannya Rapat Kerja hari ini adalah dalam rangka pembahasan Program dan Anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun Anggaran 2020,” kata Yorris membuka rapat.

Menurut dia, Komite II menilai bahwa Program Kementerian PUPR tidak lepas dari Rencana Strategis dan Program Kerja Pembangunan Infrastruktur pada 5 tahun ke depan dalam rangka melaksanakan Visi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Kabinet Indonesia Maju priode 2020 – 2024.

BACA  Lebih Baik (FauziPedia)

“Yakni  pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi,” terangnya.

 

Bustami Zainudin usai rapat kepada media mengatakan, dalam raker tersebut Komite II DPD RI yang diantaranya membidangi Pekerjaan Umum ingin mengetahui dan berdiskusi tentang Program Kebijakan Kementerian PUPR tahun Anggaran 2020 yang terkait dengan kepentingan daerah.

“Kami ingin mengetahui kebijakan Kemen PUPR antara lain Kelanjutan program prioritas pembangunan infrastruktur kerakyatan yang manfaatnya saat ini dirasakan langsung oleh masyarakat dengan skema Padat Karya Tunai (PKT); Daerah penerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Pembangunan Jembatan Gantung, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), penyusunan Pedoman Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), penataan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), serta Program Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS-3R),” terang Senator asal Lampung itu.

BACA  Impian (FauziPedia)

Dilanjutkan, Komite II juga membahas progam-program Kementerian PUPR yang disalurkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dapat dimanfaatkan oleh daerah. “Program-program Kementerian PUPR yang dapat disosialisasikan bersama Anggota Komite II DPD di daerah,” tukasnya.

BACA  PLN Siapkan 3 Tahapan Hadapi New Normal

Selain itu, dalam raker tersebut pimpinan  Komite II juga menyampaikan tugas pokok dan fungsi DPD RI, sebagaimana dimandatkan dalam UUD NRI 1945 dan UU 17 Tahun 2014 tentang MD3, yaitu merancang dan menyusun RUU tertentu, memberikan pandangan dan pendapat terhadap RUU tertentu, pengawasan UU tertentu dan bersama-sama dengan DPR RI membahas anggaran belanja negara.  Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sebagai salah satu alat kelengkapan DPD beranggotakan 34 (tiga puluh empat) orang anggota yang mencerminkan keterwakilan setiap provinsi. (rci/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini