Google Akan Satukan Gmail, Drive, Hangouts, Saingi Microsoft?

  • Whatsapp
google

radarcom.id – Raksasa teknologi Google sedang mengerjakan aplikasi baru yang menggabungkan beberapa platform menjadi satu. Aplikasi baru ini dirancang untuk menyatukan layanan Google yang dijual perusahaan kepada bisnis, termasuk bagian dari G Suite-nya seperti Gmail dan Google Drive, serta Hangouts.

 

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Hangouts, awalnya merupakan platform komunikasi yang fokus pada konsumen, sekarang diarahkan untuk pelanggan perusahaan. Sejak itu telah dipecah menjadi Hangouts Meet, aplikasi obrolan video, dan Hangouts Chat, pengganti platform berbasis teks real time untuk Gchat, demikian dikutip laman The Information, baru-baru ini.

 

Dikutip dari Tempo.co, Hangouts, aplikasi secara bertahap dihapus untuk mendukung Hangouts Chat dan Meet, tapi ketiganya hidup berdampingan sekarang setelah Google menunda penutupan Hangouts standar. Google juga masih memiliki daftar pengguna versi Hangouts, karena rencana penutupan aplikasi hanya berkaitan dengan versi G Suite.

 

Daftar pengguna juga termasuk aplikasi obrolan Android berbasis RCS dan aplikasi obrolan video konsumen Duo. Itu digunakan untuk memasukkan email alternatif Gmail Inbox dan aplikasi chat seluler Allo, tetapi keduanya dibunuh tanpa basa-basi.

 

Lalu ada Android Messages, aplikasi SMS khusus Google yang seharusnya digantikan oleh Chat berbasis RCS, dan Gchat yang sudah tidak digunakan, yang diganti Hangouts beberapa tahun yang lalu. Dan Google Voice masih ada, meskipun Google pernah mengatakan bahwa ia ingin mengintegrasikan banyak fitur Voice ke dalam Hangouts Meet. Jadi Voice suatu hari nanti akan hilang juga.

 

Mengenai alasan Google merencanakan aplikasi lain, The Verge melaporkan, rencana ini bisa menjadi cara bagi Google untuk memenangkan pelanggan yang telah memindahkan semua komunikasi, obrolan, dan lainnya, ke pusat kolaborasi pusat seperti Microsoft Teams dan Slack.

 

Kedua produk tersebut menyediakan berbagai fitur panggilan berbasis suara dan video yang juga berintegrasi dengan banyak aplikasi produktivitas lainnya, serta alat kerja seperti Dropbox dan Salesforce. Google belum memiliki sesuatu yang serupa sebagai bagian dari G Suite. (tmp/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *