Berita Utama Mahasiswa Unila Giatkan Budaya Literasi untuk Pelajar di Desa Datarajan Ulubelu Tanggamus

Mahasiswa Unila Giatkan Budaya Literasi untuk Pelajar di Desa Datarajan Ulubelu Tanggamus

Istimewa

radarcom.id – Awal 2020 Universitas Lampung mengadakan program rutin yaitu Kuliah  Kerja Nyata atau KKN. Terdapat beberapa kabupaten di Lampung yang didistribusikan mahasiswa oleh Unila untuk bisa melaksanakan program KKN ini, salah satunya di kabupaten Tanggamus tepatnya di desa Datarajan Ulubelu.

 

Dalam kesempatan pelaksanaan KKN di Desa Datarajan Ulubelu, sejumlah mahasiswa yang berasal dari beberapa jurusan menggiatkan kembali  budaya  literasi untuk kalangan pelajar di tingkat SMP. Rendahnya minat baca yang berimbas pada kurangnya kompetensi menjadikan latar belakang mahasiswa KKN Unila untuk mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya budaya literasi.

BACA  Kurang dari 24 Jam, Polsek Kalirejo Ungkap Kasus Curat, Residivis Masuk Bui Lagi

 

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan di SMP Datarajan ini, dimulai pada pukul 08.00 – 12.00. Acara yang dihadiri oleh Pj Kepala Pekon dan juga beberapa guru ini disambut hangat oleh para pelajar. Tingginya antusias para pelajar serta dorongan kuat dari para guru menjadikan acara tersebut berjalan dengan lancar.

BACA  Selasa Semangat (FauziPedia)

 

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Desa Datarajan, Joko Sulistio. Dalam sambutannya Kepala Desa  Datarajan mengatakan bahwa pihaknya merasa senang dengan diadakannya sosialisasi mengenai budaya literasi ini.

 

“Semoga para mahasiswa dari Unila  bisa kembali menghidupkan budaya literasi di kalangan pelajar SMP Datarajan, budaya yang sempat hilang ini harus bisa digiatkan kembali agar kualitas siswa-siswi bisa bersaing dengan sekolah lainnya,” ucap Joko Sulistio.

 

Koordinator desa mahasiswa KKN Unila, Hamzali Yaqub mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah tahapan untuk bisa menghilangkan sekat yang jelas antara masyarakat desa dengan kota.

BACA  Prihatin Soal Moral dan Hukum, Lima Sekawan Ini Dirikan 'Indonesia Upgrade'

 

“Pada kegiatan ini kami  ingin para pelajar yang berada didesa bisa memiliki kompetensi yang mempuni melalui budaya literasi tersebut. Harapan besar kami kepada pelajar di Desa Datarajan ini mampu merubah kultur budaya malas membaca dan belajar ditengah-tengah masyarakat desa,” ujar mahasiswa yang berasal dari jurusan Administrasi Negara ini. (rls/Iis)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini