HTML Image as link Qries

KKN di Desa Kunjir Lamsel, Mahasiswa ITERA Sosialisasikan PLTB

radarcom.id – Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang tengah melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kunjir, Way Lubuk, Rajabasa, Lampung Selatan menyosialisasikan pemanfaatan energi terbarukan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Sosialisasi ini dilakukan sebagai pemanfaatan energi angin pada daerah pesisir pantai. Prototype PLTB ini dibuat dalam dua jenis turbin, dengan tipe Turbin Angin Sumbu Vertikal (TASV) dan Turbin Angin Sumbu Horizontal (TASH). Pembuatan prototype PLTB ini menggunakan pipa PVC, triplek, dan kayu. Nantinya energi listrik yang dihasilkan oleh turbin akan disimpan pada baterai. PLTB ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif energi listrik.

banner 300600

Kegiatan sosialiasi tersebut diadakan di SMAN 1 Rajabasa, Desa Kunjir, Senin (13/1/2020) melibatkan seluruh siswa kelas 3. Dalam kegiatan tersebut juga diadakan sosialisasi tentang Literasi Pemanfaatan Energi Listrik dengan baik dan benar, serta penjelasan mengenai Penghematan Energi.

Koordinator KKN Desa Kunjir, Ferdian Hidayatullah menjelaskan kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya untuk memanfaatkan energi alam berupa angin, untuk menghasilkan energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk distribusi dan instalasi listrik. Dengan harapan kebutuhan pemakaian energi listrik, dapat terpenuhi. Terutama di daerah terpencil.

“Pemakaian energi listrik di negeri ini seringkali mengalami kekurangan pasokan, sehingga pembuatan PLTB ini dapat menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan energi di negeri ini,” ujar Ferdian.

Selain mengenalkan PLTB dan Hemat Energi, mahasiswa KKN ITERA juga mengenalkan Hand Hyegene kepada anak-anak Sekolah Dasar di desa tersebut, sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya cuci tangan dengan benar. Selain itu Mahasiswa KKN ITERA juga menyosialisasikan penggunaan internet dan pengenalan gempa tektonik dan vulkanik menggunakan simulasi gunung api kepada anak-anak SMPN 1 Rajabasa.

Dalam kegiatan yang sama, mahasiswa KKN ITERA di Desa Kunjir juga melakukan sosialisasi seputar pertanian Hidroponik dan material bangunan daerah pesisir dan kajian tentang pemecah ombak di Desa Kunjir. Kegiatan ini dinilai perlu, sebab warga Desa Kunjir hidup berdampingan langsung dengan laut lepas yang rawan terhadap gempa dan tsunami. (rls/Iis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *