Berita Utama Jenius (Fauzipedia)

Jenius (Fauzipedia)

Fakta Tentang Cerdas dan Jenius, Apa Saja?

 

FAUZIPEDIA – Apa kamu tahu bahwa mungkin saja kamu jenius?

Barangkali kamu nggak sadar kalau kamu terlahir sebagai orang yang cerdas atau pun jenius. Orang cerdas tentu berbeda dengan orang pintar.

Perbedaan orang pintar dan orang jenius ialah orang pintar umumnya hanya sebatas pintar, nggak lebih dari pada itu. Sedangkan orang jenius jauh lebih “Gress” dibandingkan orang pintar.

Orang jenius selalu melakukan hal-hal atau tindakan yang kita anggap bodoh, padahal dia sedang menguji dan bereksperimen untuk mengetahui dan mengobati ke-kepoannya.

Dibawah ini ada beberapa karakteristik orang jenius yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa-apa saja itu? Yuk disimak.

 

Ciri-Ciri Orang Cerdas atau Jenius Menurut Ilmu Psikologi (Albert Einstein)

 

#1. Selalu Penasaran dengan Apapun

Sering browsing di Internet untuk menemukan jawaban atas pertanyaan sendiri? Setelah membaca, lalu mencoba hal tersebut?

Jika iya, selamat! Kamu salah seorang yang memiliki karakteristik orang cerdas.

Umumnya orang jenius itu selalu ingin tahu. Mereka selalu berusaha untuk menemukan jawaban yang ada dikepalanya.

 

#2. Selalu Ingin Tahu dan Bereksperimen (Mencoba-Coba)

Orang jenius pun selalu mencoba-coba atau bereksperimen dengan hal baru yang ia temui.

Misalnya mengubah resep makanan yang dirasa rasanya akan menjadi lebih enak, mencampur serbuk tertentu dengan alat biokimia, membuat WIFI dengan antena Radio, dan masih banyak lagi.

BACA  KPK Raih Penghargaan The Most Awesome in Talent Acquisition

 

#3. Selalu Bertanya-tanya

Orang cerdas identik dengan keingintahuannya yang tinggi, nggak salah sih kalau pada akhirnya mereka terlahir sebagai orang yang kepo.

Jangan harap mereka mau kepo dengan hal-hal yang tidak penting seperti persoalan percintaan, asmara, dan hal-hal umum lainnya.

Orang cerdas itu selalu kepo dengan hal-hal unik dan terbaru; yang nggak pernah terpikirkan oleh orang banyak.

Misalnya? Membuat mobil mainan Tamiya 4WD menjadi lebih cepat, tapi masih menggunakan komponen-komponen bawaan aslinya. Gila banget!

 

#4. Sering Berbicara, Tersenyum dan Tertawa Sendiri

Orang jenius itu sering berbicara sendiri. Kalau sudah berbicara sendiri, otomatis sedang mengkhayalin sesuatu. Kalau khayalannya tentang kejadian lucu, pasti senyum atau tertawa sendiri.

Beberapa orang biasa mungkin menganggap “orang ini” sebagai orang aneh, agak sedikit gila.

Namun nggak perlu takut. Orang jenius itu identik memiliki imajinasi yang tinggi, makanya sering mengkhayal. Ujung-ujungnya ya berbicara sendiri, tersenyum dan tertawa sendiri.

 

#5. Hobi Membaca

95% orang jenius selalu menyukai buku. Namun nggak semua buku mau dibacanya, tergantung minat dan hobi sih.

Misalnya saya memiliki IQ 140 dan minat di bidang teknologi, bukan berarti saya juga kepo tentang soal Kimia. Namun bukan berarti juga saya tidak bakal membaca buku Kimia tersebut, bisa jadi suatu hari nanti.

BACA  Sulam Alis

Seperti yang dikatakan, nggak menutup kemungkinan bahwa orang-orang jenius ini tidak membaca berbagai buku lainnya.

Ya kalau dirasa butuh hal-hal yang baru, sudah pastilah mereka ini membaca buku atau bacaan yang diluar minat dan hobinya karena penasaran dan keingintahuan.

 

#6. Sering Menantang dan Melampaui Batas Diri Sendiri

Orang cerdas itu selalu menantang, dan kemungkinan 50:50 melampaui batas diri sendiri.

Misalnya dia nggak sanggup membuat robot.

Orang cerdas berkemungkinan besar mampu dan bisa membuat robot dengan persentase 50:50. Didukung dengan minat dan hobinya serta ingin tahunya, bisa jadi persentasenya meningkat menjadi 75% akan sukses.

 

Orang cerdas itu pantang menyerah. Selalu mencoba, mencoba dan mencoba. Kalau gagal, dicoba lagi. Gagal lagi? Gosok lagi! Sikat!

 

#7. Orang Cerdas itu Sering Lupa

Pelupa adalah penyakit umum, namun kalau sakit pelupanya parah menjadi dia terkena Syndrom atau memang terlalu cerdas.

Jangan heran kalau anak Anda sendiri sering lupa. Coba perhatikan kalau dia sering melakukan hal-hal aneh, namun jika suatu waktu ditanyakan hal-hal tertentu dan kebanyakannya dia sering lupa, DIA JENIUS!

Orang cerdas itu susah untuk mengingat hal-hal sepele seperti jemuran, sering lupa meletakkan charger HP dimana, dan hal-hal sepele lainnya.

Di otak orang cerdas, yang tersimpan hanyalah hal-hal yang dianggap penting banget makanya mereka sering lupa untuk hal-hal sepele yang demikian. Jadi nggak perlu heran.

BACA  Lupa Lian Hua

#8. Orang Jenius tidak takut Mengakui dan Mengatakan “Saya tidak Tahu”

Orang yang jenius biasanya dengan mudah mengenali kelemahan dan ketidaktahuan dirinya sendiri. Meskipun begitu, bukan berarti ia malu untuk bertanya.

Bahkan kebanyakan orang-orang seperti ini ditertawakan karena dianggap tidak tahu tentang hal-hal sepele. Itu salah besar!

Orang-orang ini mau bertanya karena mereka memang tidak tahu. Contohnya? Seperti sejarah Indonesia tentang Kerajaan Majapahit atau lainnya.

 

Seperti yang kita tahu pun, orang cerdas memang memiliki tingkat kecerdasaran diatas rata-rata. Namun bukan berarti mereka bisa dan dengan mudahnya mengingat segala hal, apalagi hal-hal yang bertopik tentang sejarah dunia.

 

Ciri-Ciri Orang Cerdas (Jenius) Berdasarkan Emosional

Nah dibawah ini ada beberapa kriteria orang jenius berdasarkan emosionalnya, seperti:

 

  • Nggak membiarkan dirinya terluka oleh orang lain
  • Mudah mencari dan mengetahui kesalahan pada dirinya sendiri
  • Tidak pernah menyakiti hati dan perasaan siapa pun
  • Sangat jarang terlihat histeris, apalagi memprovokasi suatu hal
  • Tahu kapan harus mengatakan “Tidak” dan “Iya”

 

Nah itu dia fakta kriteria atau karakteristik orang cerdas atau pun jenius yang jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga berguna.(*)

 

Source: jukinblog.blogspot.com

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini