Berita Utama PWI Pringsewu Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMAN 1 Pardasuka

PWI Pringsewu Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMAN 1 Pardasuka

Foto Istimewa

radarcom.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu kembali melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik bagi para pelajar. Pada kesempatan kali ini, Kamis (5 Desember 2019) PWI Kabupaten Pringsewu memberikan pelatihan jurnalistik untuk siswa – siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pardasuka.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pardasuka Zainal mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kesediaan PWI Pringsewu sehingga dapat memberikan ilmu tentang jurnalistik kepada peserta didiknya. “Semoga ilmu jurnalistik yang diberikan PWI Pringsewu ini dapat dipahami dengan baik oleh para siswa kami,” ujarnya.

BACA  313 Darwish

Sementara itu, Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang dunia jurnalis kepada siswa-siswi SMA sederajat yang ada di Kabupaten Pringsewu. “Melalui pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pencerahan kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar,” ujarnya.

BACA  BPK Apresiasi Pemkot Bengkulu Optimalkan Pemanfaatan Aset

Dalam pelatihan tersebut diikuti oleh 100 siswa dan guru wali kelas. Adapun materi pelatihan disampaikan jajaran pengurus PWI Pringsewu, diantaranya Nandang Suprianto dan Arif Hidayattulloh (Sie Pendidikan) serta Tutor Manalu (Sie Hankam).

Dalam paparnya, Nandang Suprianto menyampaikan tentang wawancara. Nandang Suprianto menjelaskan pengertian wawancara menurut para ahli, tujuan/fungsi wawancara, jenis – jenis wawancara, teknis wawancara. Kemudian memaparkan kode etik jurnalistik.

BACA  Rycko: Atasi Banjir Perlu Sistem Drainase hingga Pengelolaan Sampah yang Baik

Sementara itu, Tutor Manalu memaparkan pengertian berita dan cara berita menulis yang benar. Menurutnya tulisan dalam berita harus memenuhi unsur 5W plus 1H (what/apa, who/siapa, why/mengapa, when/kapan dan where/dimana) plus how atau bagaimana.(hin/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini