Berita Utama PWI Berikan Pendidikan Jurnalistik di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu

PWI Berikan Pendidikan Jurnalistik di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu

Foto Istimewa

radarcom.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu menggelar pelatihan dasar jurnalistik untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Pringsewu. Kegiatan pelatihan diikuti 28 siswa dan berlangsung di sekolah setempat, Kamis (14 Oktober 2019).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu, Widodo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PWI Pringsewu. Dia berharap kegiatan semacam ini akan terus berlanjut kedepannya nanti. Karena, semangat para siswa dalam mengikuti kegiatan dapat dijadikan sebagai patokan bahwasanya para siswa sangat ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang dunia jurnalistik.

BACA  KSK-SPD Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis

“Dengan pelatihan ini, siswa akan belajar dan mengenal dunia jurnalistik. Mudah-mudahan materi yang diberikan oleh rekan – rekan PWI Pringsewu dapat menambah ilmu dan wawasan para pelajar sekolah ini. Sehingga kedepannya para siswa bisa menulis dan membuat karya tulis,” ujar Widodo.

Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi, mengatakan PWI Pringsewu mempunyai banyak program salah satunya adalah memberikan road show pelatihan dasar jurnalistik. “Untuk memberikan materi jurnalistik, PWI Pringsewu dan sudah roadshow ke berbagai instansi pendidikan, baik itu universitas, perguruan tinggi, SMK/SMA di Kabupaten Pringsewu, salah satunya adalah kegiatan di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu ini,” ujarnya.

BACA  Ini Dia, Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 di Kemenkumham, Cek Se-Indonesia

Materi pelatihan disampaikan jajaran pengurus PWI Pringsewu, diantaranya Budi Karyadi (Ketua PWI Pringsewu), Widodo (Sie Organisasi), Nandang Suprianto (Sie Pendidikan) dan Arif Hidayattulloh (Sie Pendidikan). Kemudian Tutor Manalu (Sie Hankam) dan Ariza Zuzamfri (Sie Hubungan Antar Lembaga).

BACA  Tangani 11 Pekon Tertinggal Menjadi Pekon Berkembang di Pringsewu

Dalam paparnya, Nandang Suprianto menyampaikan tentang wawancara. Wartawan Dinamika News ini menjelaskan pengertian wawancara menurut para ahli, tujuan/fungsi wawancara, jenis – jenis wawancara, teknis wawancara.

Sementara itu, Tutor Manalu memaparkan pengertian berita dan cara berita menulis yang benar. Menurutnya tulisan dalam berita harus memenuhi unsur 5W plus 1H (what/apa, who/siapa, why/mengapa, when/kapan dan where/ di mana) plus how atau bagaimana.(hin/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini