HTML Image as link Qries

Upacara Hari Pahlawan, Pemkab Pringsewu Berikan Tali Asih dan Santunan untuk Veteran

Foto Istimewa

radarcom.id – Upacara peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di lapangan perkantoran Pusat Pemerintahan Kabupaten Pringsewu, Ahad (10/11/19).

Bertindak sebagai inspektur upacara yang mengangkat tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’, adalah Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., perwira upacara Kapten Arh.Maman, serta komandan upacara Kapten C.K.U. Umar Saleh, kesemuanya dari Kodim 0424.

banner 300600

Kemudian pembaca UUD 1945 adalah Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E., pembaca pesan-pesan pahlawan yakni Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Romzi, S.E., serta pembacaan do’a oleh Junaidi dari Kementerian Agama Pringsewu.

Upacara juga dihadiri Dandim 0424 Letkol Arh.Anang H.Utomo, Kapolres AKBP H.Hesmu Baroto, Kepala Kementerian Agama Pringsewu Drs.H.Marwansyah, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pringsewu Elis Rahmawati, S.H.I., anggota DPRD, dan Legiun Veteran RI, serta diikuti Aparatur Sipil Negara, anggota kepolisian dan prajurit TNI, para pelajar dan mahasiswa, pramuka, serta ormas.

Wakil Bupati Pringsewu membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Juliari P.Batubara mengharapkan melalui peringatan Hari Pahlawan, kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Bung Karno, yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

Lebih lanjut dikatakan, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, serta membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Oleh karena itu, mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Seusai upacara, digelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Kaligambang, Keputran, Kabupaten Pringsewu, juga dengan inspektur upacara Wabup Pringsewu, serta ramah tamah jajaran pemerintah daerah, DPRD, muspida bersama Legiun Veteran RI. Pada kesempatan tersebut, juga diberikan santunan dan tali asih dari Pemkab Pringsewu kepada sejumlah legiun veteran.

Pada malam sebelumnya juga digelar acara malam renungan suci yang dihadiri Bupati Pringsewu H.Sujadi dan Wabup Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., Ketua DPRD Suherman, S.E. dan Wakil Ketua Rizky Raya Saputra, S.H., M.H., C.LA., Dandim 0424 Letkol Arh. Anang H.Utomo, Komisaris Pol. Misbahuddin dari Kepolisian Resor setempat, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pringsewu Elis Rahmawati, S.H.I., serta jajaran pemerintahan setempat. (hin/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *