Ahmad Mufti Salim: Saatnya Santri Berkiprah di Masyarakat

Ahmad Mufti Salim saat berikan ceramah di Ponpes Insan Qur'ani Poncowarno Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (22/10). Foto Istimewa

radarcom.id – Seluruh Pondok Pesantren di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung merayakan Hari Santri Nasional, Selasa, 22 Oktober 2019.

Sama halnya dengan Pondok Pesantren Insan Qur’ani Poncowarno Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah hari ini memperingati Hari Santri Nasional.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Pondok Pesantren Insan Qur’ani ini dibawah naungan Yayasan Insan Qur’ani, yang didalamnya terdapat TK, SD dan SMP Insan Qur’ani.

Foto Istimewa

Diawali dengan upacara peringatan hari santri, upacara diikuti oleh seluruh santri dan siswa SD dan SMP Insan Qur’ani sekitar 300 santri dan siswa.

Setelah upacara, para santri mengikuti pengajian ceramah dari KH. Ahmad Mufti Salim, Lc, MA yang juga sebagai Pembina Yayasan Insan Qur’ani.

“Saya diminta untuk berbagi pengalaman suka duka saat “Nyantri” di Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Yogyakarta. Sebagai alumni Pondok Pesantren, saya bahagia dengan disahkannya UU Pesantren dan adanya Hari Santri Nasional,” lanjutnya.

Mufti yang juga Ketua DPW PKS Lampung itu meneruskan, saatnya santri berkiprah ditengah kehidupan masyarakat, bahkan  ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ustad Mufasil Al Hafidz yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Insan Qurani mengatakan kepada para santri agar terus bersemangat khususnya menghafal Al Qur’an.

“Sekian tahun yang akan datang kalian siap menggantikan beliau (Mufti, Red)? Menggantikan bukan hanya sebagai Anggota Dewannya saja, tapi menggantikan prihatinnya,” ungkap Mufasil yang juga seorang hafidz Qur’an itu.

Prihatin tersebut, maksudnya santri diharapkan bukan hanya menggantikan suksesnya semata. Tetapi juga siap merasakan prihatin atau susah payahnya menjadi santri. Dimana santri ditempa untuk bisa dan siap hidup sederhana dan susah payah. (rci/rci)

banner 728x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *