HTML Image as link Qries

Kemenristek Dikti Punya Komitmen di Pilrek Unila Putaran Akhir, Seperti Apa?

Konferensi pers Unila membahas pilrek putaran akhir, Selasa (15/10). Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id — Universitas Lampung Unila memastikan akan menggelar pemilihan rektor putaran akhir untuk memilih Rektor Unila periode 2019-2023 dijadwalkan pada Kamis, 17 Oktober 2019 mendatang.

Hal yang menarik adalah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mempunyai komitmen agar pilrek berjalan lancar. Sebab, hal ini menjadi penilaian sejauh apa dewasanya suatu perguruan tinggi, itu tergantung dari lancarnya, suksesnya pada pemilihan rektor.

banner 300600

“Maka ini yang menjadi acuan kita, pihaknya menginginkan proses pemilihan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kami juga meminta kepada awak media Lampung dan semua pihak untuk dapat membantu, karena kita punya tanggung jawab yang sama untuk kemajuan Lampung,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. Ketua Senat Unila Prof. Heryandi, dan Sekretaris Senat Muhammad Basri, S.Pd, M.Pd, dalam konferensi pers berlangsung di Gedung Rektorat Unila, Selasa (15/10/2019).

Heryandi menjelaskan sejak dari putaran pertama, dan saat ini pihaknya telah mendapatkan tiga besar, yaitu Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si., Prof. Dr. Karomani, M.Si. dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Kamal, M.Sc.

“Seperti kita ketahui bersama-sama siapa yang akan terpilih pada 17 Oktober 2019 mendatang. Ada proses yang begitu panjang, ada rekam jejak dari tiga calon Rektor yang Insha Allah akan dipilih beberapa hari lagi,” kata dia.

Lanjutnya, rekam jejak tersebut diminta dari Badan Intelijen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BMPT) dan dilanjutkan dengan rapat eselon untuk mendapatkan masukan dari kinerja dari tiga calon Rektor. Agar Menteri dapat memilih secara persis berdasarkan penilaian tersebut.

“Kemarin, kami sudah menghadap Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Ainun, Ph.D, M.B.A, untuk bersilaturahmi sekaligus mendiskusikan tentang pelaksanaan pemilihan Rektor bersama Menteri atau pejabat yang diberikan kuasa oleh Menteri. Kemudian, ditetapkan pada hari Kamis 17 Oktober 2019,” paparnya.

Wan Abbas menambahkan Berdasarkan surat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor R/693/M/KP.03.02/2019 tentang pemilihan Rektor Universitas Lampung.

“Seperti yang teman-teman media ketahui, kita akan mengadakan pemilihan Rektor pada 17 Oktober 2019 dimulai Pukul. 09.00 dan diusahakan sebelum dzuhur akan selesai,” terangnya.

Pemilihan suara masih seperti pemilihan yang lalu. Suara berasal dari Menteri 35 persen, dan 75 persen dari Senat akademik. Jika sebelumnya surat suara ada lima, maka pemilihan saat ini hanya ada tiga. (hen/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *