Pendidikan HIMEPA FEB Unila Menggelar Pelatihan Desa Agrowisata untuk Pengabdian Masyarakat

HIMEPA FEB Unila Menggelar Pelatihan Desa Agrowisata untuk Pengabdian Masyarakat

Foto Istimewa

radarcom.id — Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung gelar pelatihan permodalan dan teknologi hasil pertanian Desa Agrowisata, Berlangsung di Desa Wonoharjo,Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus selama 2 hari Sabtu/Minggu 12 – 13 Oktober 2019.

Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mengembangkan potensi produk desa agrowisata. Difokuskan untuk pelatihan/penyuluhan untuk BUMDes, Kelompok tani wanita.

Materi yang disampaikan langsung oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung dengan tema ‘Permodalan dan Pemasaran’.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Dosen Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Materi ini disampaikan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa seperti inovasi produk ataupun memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan baik permodalan dan pemasaran.

BACA  Dakocan Ajak Siswa Mengenalkan KH Gholib

Minggu (13/10/2019) dilanjutkan dengan acara pemberian inovasi kemasan. “Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, petani dapat menggali potensi produk di desanya, agar nantinya dapat berkembang maju dan memberikan dampak positif untuk masyarakat,” ujar Warno selaku Pj Kepala Pekon Wonoharjo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Minggu (13/10/2019).

BACA  SMAN 9 Bandarlampung Bangun Taman Santory

Kegiatan berlanjut dengan mengunjungi kebun masyarakat, guna melihat secara langsung potensi produk Desa Wonoharjo, yakni buah salak, bunga sedap malam, dan pala.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) Derry Putro Adji menjelaskan kegiatan ini harus dilakukan berkelanjutan karna untuk mencapai sebuah target. Kita selaku mahasiswa harus terus menerus mendampingi para masyarakat dalam memecahkan masalah khususnya di bidang perekonomian.

“Kegiatan ini harus dilakukan berkelanjutan, karena salah satu tugas mahasiswa yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Semoga kegiatan yang kita lakukan bersama ini adalah salah satu wujud dari pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

BACA  Rektor UTI Buka Festival Seni 2019

Sementara itu, M. Atras Teralsyah selaku Ketua Pelaksana berharap bisa menjadi wadah mahasiswa mencapai kesuksesan.

“Semoga dengan adanya acara desa agrowisata ini dapat menjadi wadah untuk mahasiswa dalam mencapai kesuksesan, serta menginspirasikan para kaum muda Indonesia untuk peka atau peduli pada keadaan masyarakat dan dapat selalu beraktifitas positif,” pungkasnya. (hen/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini