Berita Utama Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Utarakan CNG Lebih Hemat dan Efektif

Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Utarakan CNG Lebih Hemat dan Efektif

Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id — Rumah Produksi Tahu Susu Lembang utarakan CNG dapat lebih menguntungkan 15 persen, dibandingkan Gas LPG.

Rumah Produksi Tahu Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang Bandung No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019).

Salah satu Supervisor Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Rahmat Hidayat mengatakan usahanya sudah berdiri dari tahun 2008 lalu. Saat itu, pihaknya masih menggunakan gas LPG dan baru Tiga tahun belakang menggunakan produk teranyar dari PGN yakni CNG.

“Menggunakan CNG kami dapat banyak keuntungan 10 – 15 persen, per bulannya,” ujar Rahmat kepada awak media Lampung, saat media gathering PGN berlangsung.

BACA  Energi Startup Competition 2019 PGN, Dorong Inovator Energi

Rahmat menjelaskan saat kami masih menggunakan gas LPG biasa, pihaknya memakai tabung 50 kg, satu tabung harganya sekitar Rp 600 ribu, dan sempat naik hingga Rp 800 ribu, tetapi jika terlalu lama ada gas yang mengendap sekitar 13 kilo, dan tak bisa terpakai. Memakai CNG pihaknya hanya membayar sesuai dengan pemakaian, karena tidak ada gas yang mengendap.

Pemanfaatan CNG, lanjut dia, pada Rumah Produksi Tahu Susu dimulai saat perebusan kacang kedelai, dari awal mendidihkan air sekitar 40 menit, setelah itu proses terakhir ke penguningan tahu atau proses terakhir,” paparnya.

BACA  Wabup Fauzi Tinjau Bedah Rumah 38 Unit, Berpesan Agar Gotong Royong

Media Gathering bersama PGN Area Lampung tidak hanya mengunjungi Rumah Produksi Tahu Susu, sehari sebelumnya juga turut mengunjungi McDonald’s di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung yang telah memanfaatkan CNG.

Sales Area Head PGN Lampung Mochamad Arif mengatakan, kami memiliki harapan besar agar masyarakat dapat menggunakan energi baik dari PGN tanpa menunggu pipa jaringan dengan memanfaatkan produk CNG dari anak perusahaan PGN, yaitu PT Gagas Energi Indonesia.

“Keberadaan CNG dapat membantu pengusaha UMKM menggunakan energi baik dari PT Gagas yang lebih hemat untuk kegiatan produksi atau usaha yang dijalani,” kata Arif.

BACA  PGN Permudah Membayar Tagihan Gas Bumi

Masih pada kesempatan yang sama Strategic Stakeholder Managemen PGN Lampung Heru Prasetyo menjelaskan dipilihnya tempat ini dikarenakan Rumah Produksi Tahu Susu Lembang merupakan salah satu pelanggan dari sektor industri yang telah menggunakan energi gas bumi Compressed Natural Gas (CNG). CNG merupakan alternatif bagi pemilik usaha yang lokasinya tidak dilewati pipa PGN, tetapi tetap ingin menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar.

“CNG secara ekonomi terbukti lebih murah, dibandingkan dengan bahan bakar minyak bumi lainnya. Pihaknya berharap kunjungan media Lampung ke lokasi ini dapat menginspirasi tempat produksi lainnya agar dapat memanfaatkan CNG,” tutupnya. (hen/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini