Berita Utama Mahasiswi SQABM Lampung Raih Prestasi Tingkat Internasional

Mahasiswi SQABM Lampung Raih Prestasi Tingkat Internasional

Adzkiya (tiga dari kiri) dan Fitri (dua dari kanan) bersama peserta Dauroh Taajul Waqor. Foto Istimewa

radarcom.id – Sekolah Tinggi Shuffah Alquran Abdullah Bin Masud (SQABM), Lampung meraih prestasi tingkat internasional dengan megikuti Program Mukhoyyamat Tajul Waqar yang diselenggarakan oleh Darul Quranul Karim Wasunnah Gaza, Palestina.

“Alhamdulillah Darul Quran melaksanakan program tahun ini secara online, dan dua mahasiswi kita mendapat penghargaan mewakili Lampung dan pastinya Indonesia,” kata Nur Hanifah pembina Tahfidz Muslimah Shuffah Alquran.

Dua mahasiswi jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir itu bernama Azkiyatul Karimah dan Fitri Ukhti Muslimah baru menginjak semester 3. Keduanya masuk nominasi peserta terbaik dengan kategori capaian hafalan terbanyak dan yang banyak mengikuti hafalan dan daurah tafsir.

BACA  Putra Lampung di Senayan, Bustami Zainudin Pimpin Komite II DPD RI

Hanifah menjelaskan Azkiyatul Karimah memenangkan kategori Daurah Hafalan baru Alquran 5 juz dan murajaah pemantapan hafalan 10 juz, Daurah Tafsir dan tadabbur surat Al Kahfi, dan Daurah Tafsir dan tadabbur surat-surat pendek.

Sementara Fithri Ukhti Muslimah masuk pada kategori Dauroh hafalan 10 juz dan Tafsir Tadabur surat-surat pendek.

Pengajar yang telah mendapat sanad Quran dari Darul Quranul Karim Wasunnah Gaza itu mengatakan program yang dilaksanakan pada 15 Juni hingga 30 Agustus itu diikuti 337 peserta muslimah dari 28 negara di dunia termasuk Indonesia dengan 38 peserta.

BACA  Dicukur UEA 5-0, Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Vietnam

“Dari program musim panas ini lahir hampir 500 penghafal Alquran dan Hadits setiap tahunnya,” kata Hanifah.

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Shuffah al-Quran dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada dua mahasisi yang telah mengharumkan Shuffah al-Quran, Lampung khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Kami mengapresiasi para mahasiswi yang mampu berprestasi diusianya yang masih muda di kancah Internasional,” tambahnya.

BACA  Tuana Tuha

Selain mereka berdua, ada tiga mahasiswi yang mengikuti dauroh tahunan itu, mereka adalah Nur Afifah mengikuti program murojaah pemantapan hafalan 15 juz, Alya Nabila mengikuti daurah hafalan 5 juz, dan Laylatuzzahro mengikuti Daurah Hafalan 10 juz.

Mukhoyyamat Tajul Waqar adalah program pembelajaran Alquran dan Hadits Nabawi yang biasa dilaksanakan oleh Yayasan Darul Quranul Karim Wasunnah Gaza di Gaza-Palestina setiap libur musim panas. Program yang dilaksanakan setiap tahun itu diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai jenjang usia. (rls/Iis)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini