Berita Utama Tak Main-main, KONI Lampung Canangkan Tembus 10 Besar Nasional

Tak Main-main, KONI Lampung Canangkan Tembus 10 Besar Nasional

Foto Istimewa

radarcom.id – Langkah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung yang mencanangkan untuk tembus 10 besar nasional, tampaknya tidak main-main.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum KONI Lampung Dr. Ir. H.M. Yusuf Sulfarano Barusman,M.B.A dalam Workshop KONI Provinsi Lampung, di AuditoriumGedung Pasacasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Sabtu (28/9).

“Harus diakui, meski berat. Tapi dengan cara-cara yang tidakbiasa, disertai mimpi, tekad, dan usaha-usaha khusus diluar regular. Disertaielaborasi tiap cabor (cabang olahraga), dalam memetakan prestasi dan evaluasidiri, agar konsisten mendapat medali (emas, perak dan perunggu) di Porwil(Pekan Olahraga Wilayah), Pra-PON (Pekan Olahraga Nasional) dan berbagaikejurnas (kejuaraan nasional) lainnya. Inshaa Allah, kita akan capai targetitu,” ujar pria yang juga Rektor UBL ini.

Yusuf Barusman mengaku langkah menuju 10 besar nasional ini merupakantarget besar Kepengurusan KONI Lampung periode 2019-2023, dibawah kepemimpinannya yang baru dilantik 5 September lalu. Dengan agenda kerjanya disusun dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov), 25 September, kemarin, yang  diikuti 13 bidang kerja hingga auditor internal. Dengan salah satu visi, misi dan implementasinya, dimulaidengan mempersiapkan 11 cabor potensial memperoleh medali ditingkat regional, denganbakal mengikuti Porwil ke-11, di Bengkulu, 3-9 November mendatang. Cabor tersebut,yakni atletik, bulu tangkis, tinju, billiard, bola volley, sepakbola, kempo,renang, catur, Wushu hingga Muathai.

BACA  KPK Bergeser ke Bandar Lampung, Ini yang Digeledah

“Persiapan cabor ini, akan melengkapi cabor yang dipastikan tampildi PON 2020, di Papua. Upaya persiapan ini diikuti dengan semangat, antusiasme, komitmen, treatment dan kinerja semua pihak, terhadap pembinaan prestasi atlet, official, manajerial, hingga pengurus tiap cabor,” terang mantan Ketua PengurusProvinsi (Pengprov) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Lampung ini.

Terkait teknis, Workshop KONI Lampung kini tengah mengoptimalkan peran IPTEK dan Sport Science dalam pembinaan Olahraga Prestasi Menuju LampungBerjaya. Dengan salah satu pemateri utamanya, Wakil Ketua Umum II KONI Lampung BidangPembinaan Prestasi, Diktat, Litbang, dan Sport Science, Dr Frans Nurseto, M. Psi.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta mulai pengurus KONI tingkat provinsi, tiap kabupaten/kota maupun pelatih, manajer, official, sampai atlet permasing-masing cabor, ”Workshop ini bertujuan mempersiapkan, mengelola, membina dan mengevaluasi kesiapan para pelaku olahraga, agar unggul secara fisik, teknis dan mental juara, secara kompetitif sesuai standar nasional. Hingga mencari kesamaan visi, misi dan tujuan pembinaan menuju prestasi. Masapersiapannya setahun, dengan materi dan praktek yang langsung dirasakan atlet,” imbuhnya.

BACA  TEC: Wujudkan Lumbung Pangan, Pendidikan dan Kesehatan Gratis

Dengan IPTEK dan Sport Science ini, Ketua KONI Lampung ini dapatmemastikan 149 dari 197 atlet  yangdiusulkan, kemudian dipilih untuk diberangkatkan dalam 11 cabor di Porwil 2019.

”Keterpilihanini secara terukur dan objektif, dengan pengukuran berjangka sesuai standarpembinaan atlet secara nasional. Puncaknya, minggu depan (4-6 Oktober), dalamkegiatan berkonsep outbond, mereka (atlet) akan kita kumpulkan beserta official, pengurus cabor dan pengurus KONI, untuk pengukuhannya,” paparnya.

Sedangkan, Ketua Panitia Workshop KONI Provinsi Lampung, Sri Sulastuti, S.H., M.Hum menyebutdiadakannya workshop tersebut tidak hanya untuk menjalin silaturahmi antarelemen praktisi hingga akademisi olahraga se-provinsi Lampung. Tapi jugamerealisasikan pencanangan target besar KONI Lampung ingin menjadi 10 besar nasional.

BACA  'Apo Kato Ketuo....'

 “Hasil kegiatan ini merupakankelanjutan dari kegiatan dan tes kesehatan fisik dan psikologi menyeluruh paraatlet kita selama 2 minggu, yang dipersiapkan untuk Porwil. Melalui kegiatan ini, KONI Lampung dalam kepengurusan sekarang, ingin berperan meningkatkanprestasi olahraga ditingkat local, regional, hingga nasional. Tentu denganpendekatan IPTEK dan Sport Science yang terbarukan,” ucap wanita yang juga Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Lampung ini.

Terpisah, salah satu peserta workshop, Johan Armen menyambut antusiasdan optimis dengan adanya workshop tersebut, Baginya hal ini dapatmerealisasikan target prestasi olahraga Lampung untuk bisa menembus 10 besar secaranasional.

“Kegiatan ini sebagai pengingat, pembangkit, dan penegakarah, visi, misi Olahraga Lampung berbasis IPTEK dan Sport Science menujukejayaan. Hal ini juga sesuai  visi, misi dan janji kerja pemerintah Lampung, dengan jargon “Lampung Berjaya”-nya ini,” tukas pelatih yang juga legenda tinjunasional Lampung tersebut. (rci/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini