HTML Image as link Qries

Ditemukan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Gunung Pesagi

Situs Archa Ganesha menurut bapak Sarkawi yang diteruskan ke anaknya Murdam dan Pembuka lahan Rodi dan Herman adalah terdapat Raja Penghuni Situs Istana Damar Puluk, Yaitu:
1. Ratu Sinuman sakti
2. Raja Sinuman Dewa
3. Ratu Dewa
4. Raja Dewa
5. Datu Aji

banner 300600

Penghuni pertama di Istana Damar Puluk adalah seorang ratu yang sangat berkuasa yaitu Ratu Sinuman Sakti dan pasangannya Raja Sinuman Dewa.

Ratu Sinuman Sakti, Raja Sinuman Dewa dan Ratu Dewa, Raja Dewa, serta Datu Aji tersebut terhubung dengan dewa yang ada di Gunung Pesagi. (Wawancara Murdam, Rodi, Herman, 2019)

Bukit Damar Puluk atau Istana Damar Puluk merupakan peninggalan Tumi banyak tersebar diseantero Lampung dan Tanah Unggak, ajarannya keagamaan adalah “Berumbung Matahari” dengan 8 penjuru mata angin dan poros utamanya adalah matahari. (dialog lewat WA dengan Baheramsyah, 2019).

Bukti ajaran matahari adalah dengan ditemukannya Lambang Matahari pada Cangkir yang di pakai Ratu Sekarmong yaitu Raja Terakhir dari Tumi yang tersimpan di rumah Pun Selamat Putra S.IP (Gelar Sutan Pasak Buay Sekerumong), juga logo Surya Matahari yang tersimpan di rumah Atin  Rahmad  Syafei, ST (Gelar Raja Sampurna Jaya).

Selanjutnya>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *