HTML Image as link Qries

Ditemukan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Gunung Pesagi

Hasyimkan, S.Sn., M.A.
Hasyimkan, S.Sn., M.A.

Letak lokasi penemuan Archa Ganesa yaitu di Bukit Damar Puluk diperkirakan tempat pemujaan yang disekelilingnya terdapat tempat pemukiman yang lebar terdiri dari kebuayan,  Tanjung dan Atar Menguk, ditempat itu pernah terdapat sebuah  peradaban besar dan maju berupa sebuah kerajaan dimana terdapat benteng pertahanan baik dari atas, bawah, samping kanan dan kiri. Lokasi tersebut tidak mudah dijangkau, perlu tenaga ekstra untuk menuju ke lokasi tersebut.

banner 300600

Archa Ganesa terbuat dari bahan kerikil batu dan pasir yang kita tidak tau mungkin damar sebagai pengganti semen untuk melekatkan batu kerikil dan pasir. Bentuk Archa Ganesa    menghadap ke kanan  yang terlihat dengan jelas kedua telinganya dengan belalai menjulur ke bawah agak ke kanan serta dalam posisi duduk dan tangan bersila dengan kaki posisi lurus dan simetris yang dengan total lebar sekitar 4 meter dan tinggi 6 meter.

Pemilik kebun tempat lokasi Archa Ganesa adalah bapak Sarkawi, beliau bertubuh sedang dan dapat menyembuhkan penyakit.  Meninggal sekitar tahun 2015 dengan umur lebih dari 100 tahun. Beliau mempunyai kesaktian antara lain:

1. Tidak bisa ditangkap ibarat licin seperti belut
2. Bisa menghilang
3. Tahan panas
4. Kalau mandi dipancuran tidak kena air.(Wawancara Rodi 2019)

Sarkawi mempunyai 8-9 putra dan salah satunya Murdam tinggal di Way Ngison sebagai pewaris lahan saat ini.

Selanjutnya>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *