Berita Utama Ditemukan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Gunung Pesagi

Ditemukan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Gunung Pesagi

GANESHA DI BUKIT DAMAR PULUK GUNUNG PESAGI PENINGGALAN AJARAN DARMA DAN NEGERI LELUHUR PARA DAPUNTA SRIWIJAYA

Oleh: Hasyimkan, S.Sn.,MA
Dosen Program Studi Pendidikan Musik FKIP Unila

Gunung Pesagi terletak di Provinsi  Lampung, tinggi Gunung Pesagi mencapai 2.262 m dari atas permukaan laut. Lokasi Gunung Pesagi terletak di kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat.

Gunung Pesagi adalah  gunung yang mempunyai empat persegi dan setiap sisinya di huni oleh suku Lampung yang kemudian setiap orang yang dapat melihat Gunung Pesagi disebut wilayah Sekala Brak. (Wawancara Diandra Nata Kembahang, 2019) disekitar Gunung Pesagi Terdapat Istana Damar Puluk yang di dalamnya terdapat archa Ganesha.

BACA  5 Strategi SDM di Era Milenial untuk Memenangkan Industri Kerja

ARCHA GANESA DI BUKIT DAMAR PULUK GUNUNG PESAGI

Archa di bukit damar puluk adalah archa ganesa, archa tersebut nempel hampir rata dengan dinding tebing dan tertutup tanah yang kemiringan sekitar 90 derajat, bentuk archa sekitar 4×6 Meter, terletak di ketinggian sekitar 100 meter yang tinggi bukitnya sekitar 200 meter dari tanah, dibawahnya terdapat beberapa kolam,  dan diperkirakan ada benteng di bagian tengah  bukit setinggi 4x 200 meter. Archa Ganesha tersebut membelakangi matahari terbit yaitu sebelah timur seolah olah berasal dari matahari terbit dan menghadap ke barat dimana tempat matahari terbenam.

BACA  Rycko Menoza Siapkan Terobosan untuk Bandarlampung Lebih Maju, Nyaman, dan Masyarakatnya Sejahtera

Selanjutnya>

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini