HTML Image as link Qries

Mantul! Program 1 Rumah 1 Kentongan di Pringsewu

Foto Istimewa
Foto Istimewa

radarcom.id – Dua Pekon di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu melakukan pencanangan program 1 Rumah 1 kentongan.

Pencanangan Program 1 rumah 1 kentongan adalah salah satu program inisiatif dari Bhabinkamtibmas Pekon Gemahripah dan Pekon Sidodadi Kecamatan Pagelaran dengan dihadiri langsung Bupati Pringsewu Hi.Sujadi, Kapolsek Pagelaran, Kepala Pekon dan para masyarakat dua pekon.

banner 300600

Menurut Brigpol Budi Satria Suchairi Bhabinkamtibmas mengatakan dengan tema semangat gotong royong kita ciptakan keamanan dan kenyamanan melalui tradisi seni dan budaya, maka terciptalah program yang  diberi nama 1 rumah 1 kentongan di pekon Gemahripah dan Pekon sidodadi.

“Ide itu di latar belakangi dari karena kentongan adalah alat komunikasi  tradisional yang mulai terlupakan keberadaannya, kentongan merupakan sarana penunjang keamanan paling efektif ditengah masyarakat dibandingkan dengan senjata tajam apalagi senpi bisa menimbulkan masalah pidana,” katanya. (15/9).

Dikatakannya,  kedua pekon tersebut tiap rumah wajib punya kentongan, memang belum mencukupi semua, tetapi sambil berjalan mudah mudahan dalam waktu dekat ini sudah 100 % sudah punya kentongan semua.

” Dengan tercipta program tersebut bisa tercipta keamanan di kedua pekon dan menjadi rangsangan bagi desa lain untuk sama sama ciptakan kamtibmas yang aman, ” ungkapnya.

Lanjutnya, Program 1 Rumah 1 kentongan juga didukung oleh kepala pekon Gemahripah dan sidodadi beserta seluruh aparat pekon, karang taruna, serta warga masyarakat kedua pekon dan kegiatan mendapat restu dari kapolsek pagelaran.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Pringsewu Herizon Azis berharap dengan adanya pencanagan 1 rumah 1 kentongan ini bisa di ikuti semua masyarakat Kabupaten Pringsewu.

“Karna dapat menciptakan keamanan bagi masyarakat, ini juga merupakan kearifan lokal dan budaya lama yang perlu di lestarikan,” singkatnya. (hin/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *