Berita Utama Penampakan Bukit yang Terbakar di Pringsewu

Penampakan Bukit yang Terbakar di Pringsewu

Foto Istimewa
Foto Istimewa

radarcom.id – Kebakaran lahan secara luas melanda bukit PT. Sarno di Pekon Tambahrejo Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Minggu (8/9/19) malam.

Hal ini membuat polisi terjun ke lokasi. Plh. Kapolres Tanggamus AKBP Joko Bintoro, SH. MH memantau langsung lokasi dan menerjunkan personel Sat Sabhara guna membantu pemadam kebakaran sebagai pencegahan api memasuki pemukiman warga.

“Informasi kebakaran lahan hutan kebakaran sejak sore tadi, pukul 15.30 Wib sehingga kami menerjunkan personel bantuan guna memastikan api tidak menjalar ke pemukiman warga,” ungkap AKBP Joko Bintoro di lokasi pengamatan kebakaran.

BACA  Belfast Dublin

Menurut AKBP Joko Bintoro, dugaan api berasal dari sampah dedaunan yang diduga sengaja dibakar oleh warga, bukit tersebut merupakan lahan tanaman jati.

“Diduga sengaja dibakar agar tanaman jati dan tanah menjadi subur saat musim penghujan nanti,” ujarnya.

BACA  Sembilan Tersangka Kasus Narkoba Diamankan

Lanjutnya, kebakaran terlihat mulai dari bagian puncak gunung proyek Batu hingga saat ini menjalar ke lereng bukit namun jauh dari pemukiman warga, tetapi api masih tetap ada dan terus menjalar ke arah atas dan bawah Bukit.

“Bisa kita lihat bersama, api menjalar ke atas dan kebawah bukit. Walaupun jauh dari pemukiman akan kita antisipasi bersama pihak Damkar,” tandasnya.

BACA  Panggung Penyair dan Juara Baca Puisi di Lamban Sastra

Terpisah, Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim mengatakan petugas damkar sedang berupaya untuk memadamkan api yang menjalar di lereng bukit. Menurutnya petugas agak kewalahan karena mobil pemadam tidak bisa menjangkau kebagian atas bukit.

“Pak Kapolres dan personil Sabara Polres Tanggamus bersama TNI saat ini berada dilokasi. Mobil Pemadam kita terjunkan dua unit,” singkatnya. (hin/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini