HTML Image as link Qries

Menpar Dorong Lampung Miliki Kawasan Ekonomi Khusus

radarcom.id – Menteri Pariwisata RI Arief Yahya merespons upaya Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi untuk meningkatkan kunjungan wisata. Salah satunya mendatangkan penerbangan internasional ke Provinsi Lampung.

“Tadi saya menelpon Dirut Angkasa Pura II, dan ini berita bagus karena sebentar lagi, start September Branti akan dikelola Angkasapura II. Jadi saya yakin pelayanan akan semakin baik,” ujar Menpar Arief, saat membuka Parade Budaya “Lampung Culture and Tapis Carnival” rangkaian Lampung Krakatau Festival (LKF), Minggu (25/8/2019).

banner 300600

Menpar juga meminta Angkasa Pura mendukung Lampung untuk mendatangkan wisman sebanyak-banyaknya. “Direct dari luar, dari Malaysia, Australia, Singapura, dan lain-lain,” ujar Menpar.

Untuk pengembangan pariwisata Menpar mendorong agar Provinsi Lampung memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata agar pembangunan pariwisata semakin cepat.

Seperti daerah-daerah lain yang telah memiliki KEK pariwisata salah satunya di KEK Mandaling yang ada di Nusa Tenggara Barat mampu mendatangkan investasi hingga Rp30 triliun. “Jadi jika sudah ada KEK, Investasi akan semakin mudah masuk. Lahannya yang disiapkan minimal 300 hektare, tahun ini juga usahakan ada KEK,” ujarnya.

Menpar mengatakan Provinsi Lampung memiliki potensi yang tinggi dalam pengembangan pariwisata, dan ia ingin anak-anak Lampunglah yang menjadi pengelolanya. Untuk itu Menpar berharap ke depan Provinsi Lampung memiliki program studi berbasis pariwisata guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Lampung.

“Saya ingin, dalam 5-10 tahun lagi, industri pariwisata di sini berkembang pesat dan anak-anak Lampung lah yang akan mengelolanya. Oleh karena itu, saya menyarankan ada program studi pariwisata. Jika ada prodi pariwisata Kemenpar akan mendukungnya dengan standar kurikulum Internasional,” katanya.

Menpar berharap anak-anak Lampung yang lulus prodi pariwisata ijazahnya level internasional dan di sertifikasi pada level regional Asean, agar anak-anak Lampung bisa langsung kerja di luar negeri atau dalam negeri dengan mutu luar negeri.

Menpar juga mengapresiasi dan bangga perhelatan Lampung Krakatau Festival berhasil menjadi trending topic nasional, bahkan hastag krakatau festival menempati urutan tertinggi di media sosial. (rls/iis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *