Lolos Seleksi Administrasi, Lima Bakal Calon Rektor Unila Masuk Tahap Penyaringan

Foto Hendra Irawan/radarcom.id
Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id — Universitas Bandar Lampung (Unila) menetapkan 5 bakal calon Rektor Unila yang lolos seleksi administrasi dan masuk tahapan penyaringan, Senin (5/8/2019).

Ketua Panitia Panja Pilrek Unila Periode 2019 – 2023 Wan Abbas Zakaria menjelaskan baru saja pihaknya melakukan tahapan penjaringan dari enam tersisa lima kandidat. Dalam tahap penjaringan, akan ditutup dengan tahapan penyaringan.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Setelah ditetapkan melalui Rapat Senat tercatat lima bakal calon Rektor. Nantinya, mereka diminta untuk menyiapkan bahan paparan Visi, Misi yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus pagi di Gedung Gedung Serba Guna Unila (GSG).

Foto Hendra Irawan/radarcom.id
Foto Hendra Irawan/radarcom.id

“Dilanjutkam pada siang harinya pukul 13.30 WIB, pihaknya mengadakan rapat tertutup untuk melakukan Penyaringan. Memilih Tiga, dari Lima kandidat yang ada,” kata Wan Abbas kepada awak media Lampung saat Konferensi Pers di Ruang Sidang Lantai 2 Rektorat Unila, Senin (5/8/2019).

Adapun lima calon yang lolos seleksi administrasi yakni Prof. Aom Karomani, M.Si. Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si. Prof. Dr. Ir. Muhammad Kamal, M.Sc. Prof. Dr. Satria Bangsawan, S.E.,M.Si. Prof. Dr. Ir. Irwan S. Banuwa, M.Si.

“Kelima nama-nama berikut, masih bakal Calon Rektor Unila yang masih harus melalui tahapan penyaringan terlebih dahulu baru dapat disebut calon dari Rektor Unila,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Senat Unila Heryandi mengatakan ada sedikit perbedaan dengan pemilihan Pilgub atau Walikota. Pemilihan Rektor ini lebih kepada mereka melihat dari tingkat atmosfer akademik kepada calon masing-masing, tingkat intelektual, dan integritasnya.

“Ketiga hal tersebut, menjadi point penting dan sering kali menjadikan alasan orang untuk memilih siapa yang tepat untuk dipilih. Pemilihan Rektor lebih menjaga objektivitas sedikit berbeda pada pemilihan lainnya,” ujarnya.

Dari situ, lanjut Heryandi, ke tiga calon yang diusulkan akan di-tracking oleh Menteri. Kemungkinan saat ini ketiga calon telah mulai di trekking, bisa berkerjasama dengan Instansi, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kepolisian, Kejaksaan, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan termasuk dengan Narkoba yang akan di trekking. Ketiga Calon Rektor, nantinya berhak mendapatkan suara dari 48 Senat yang ada di Indonesia,” pungkasnya. (hen/rci)

banner 728x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *