Berita Utama Torehkan Sejarah, PLN Bangun GITET 275 KV Lampung 1 di Pesawaran

Torehkan Sejarah, PLN Bangun GITET 275 KV Lampung 1 di Pesawaran

Foto Hendra Irawan/radarcom.id
Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id – PT PLN (Persero) membuat tonggak sejarah baru Sistem Kelistrikan di Indonesia. Dengan membangun Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 KV Lampung 1, yang berlokasi di Kabupaten Pesawaran, Batang Hari Ogan, Kamis (18/7/2019).

“Pembangunan ‘SUTET’ 275 kV ini adalah bagian dari kelistrikan 35.000 MW dan berdasarkan rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) 2019 – 2028 yang ditargetkan akan beroperasi 2020 mendatang.

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dikenal dengan Tol Listrik Sumatera, berupa Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kilo Volt (kV) dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 kV/150 kV yang menjadi backbone penyaluran energi listrik dari Sistem Sumatera Bagian Selatan menuju Sumatera Bagian Utara atau sebaliknya sepanjang 2.834 KMS dan GITET dengan total kapasitas 7.250 MVA,” ujar Manajer Unit Plaksana Proyek Jaringan (UPPJ) PLN Lampung-Bengkulu Johar Wijaya kepada radarcom.id, seusai acara berlangsung, Kamis (18/7/2019).

BACA  Pertanda Resesi

Johar menjelaskan, Untuk jalur selain Sumatera Selatan – Lampung yaitu SUTET 275 kV sepanjang 500 KMS dan kapasitas GITET 500 MVA, Listrik yang melalui jaringan tersebut akan disalurkan melalui Gardu Induk Tenaga Ekstra Tinggi (GITET) Lampung 1 untuk wilayah Provinsi Lampung.

Dengan adanya Tol listrik Sumatera 275 kV, maka kehandalan listrik Sumatera akan semakin meningkat. Khusus diwilayah Lampung dengan beban puncak 946 MW total dari pembangkit Lampung 742 MW dan supply dari Sumatera Selatan sebesar 204 MW apabila terjadi gangguan sistem 150 kV pasokan listrik akan tetap terjaga melalui transmisi 275 kV.

BACA  Resmi Dilantik, 40 Anggota DPRD Pringsewu 2019-2024

Hal ini menjadi tonggak sejarah baru Sistem Kelistrikan di Indonesia mengingat ini pertama kali ‘SUTET’ 275 kV beroprasi di Sumatera terkhusus dari Sumatera Selatan ke Lampung.

“Dengan listrik yang handal diharapkan dapat menarik investor sehingga dapat mendorong tumbuhnya industri menegah dan besar disetiap provinsi, PLN selalu siap melayani kawasan-kawasan industri yang membutuhkan daya listrik yang besar sesuai lokasi yang ditetapkan oleh Pemda setempat,” jelas Johar.

BACA  Telur APBN

Sementara itu Wakil Bupati Pesawaran Eriawan mengatakan, PLN adalah salah satu GEP (Penyedia Strategi Global) BUMN dari Pemerintah. Kami juga mengakui Pesawaran nantinya akan membutuhkan kelistrikan yang besar, melihat telah diagendakannya kawasan Tegineneng menjadi kawasan industri. Dengan hadirnya GITET ini. Insya Allah, nantinya kebutuhan listrik akan dapat terpenuhi,” ujarnya.

“Kami selaku Pemerintah, sangat mendukung berdirinya GITET di Kabupaten Pesawaran. Pihaknya juga mengajak seluruh elemant yang turut terlibat untuk memudahkan pembangunan ini,” pungkasnya. (hen/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini