HTML Image as link Qries

PGN dan Krakatau Steel Jalin Kerjasama Pengembangan Energi

Foto Hendra Irawan/radarcom.id
Foto Hendra Irawan/radarcom.id

radarcom.id — PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PTKS) sepakat berkerjasama saling menguntungkan melalui penandatanganan kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), Berlangsung di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso dan Direktur Utama PTKS Silmy Karim dan disaksikan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

banner 300600

“Dengan terlaksananya MoU ini, PGN dan KS akan memperkuat kerjasama dibidang pengelolaan serta pengembangan bisnis energi. Kedua perusahaan mempunyai kompetensi handal dalam bidang masing-masing, karena itu jika keduanya memperkuat kerja sama, maka akan terdapat saling tukar benefit.

Siapa yang tak kenal KS dan PGN, keduanya merupakan pemain utama dalam sektor industri berat dan sektor energi. Kerjasama keduanya, tentu akan membawa keuntungan baik dari sisi efisiensi ataupun peluang bisnis lainnya,” ujar Gigih.

Gigih Menjelaskan, Kedua perusahaan berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis jangka panjang dengan memanfaatkan kompetensi masing-masing. Terlebih lagi, kerjasama ini sejalan dengan visi membangun negeri yang diusung pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Secara singkat, MoU itu berisikan pengembangan bisnis saling menguntungkan dengan ruang lingkup terutama kerjasama pengembangan dan pengelolaan gas bumi di lingkungan KS Group. Keduanya juga bersedia melakukan kerjasama dalam pengelolaan bisnis kelistrikan melalui anak usaha, serta kerjasama potensial lainnya.

“Itu semua kerjasama yang prioritas di antara kedua perusahaan, namun di luar tersebut, keduanya masih terbuka untuk kerjasama yang memberikan benefit kepada masing-masing pihak. Di sisi lain, PTKS yang merupakan produsen baja dan produk sejenisnya, membutuhkan layanan energi yang aman dan efisien. Untuk itu, PGN berkomitmen menompang visi ke depan PTKS.

Salah satu tanggung jawab PGN selaku Sub Holding Gas, yaitu membantu memajukan perekonomian nasional dengan cara memberikan nilai lebih kepada sektor industri nasional. KS memiliki peran penting dalam struktur industri nasional sebagai hulu, menjadi prioritas kami menjalin kerja sama dengan perusahaan kebanggaan nasional tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama KS Silmy Karim membenarkan pernyataan Direktur Utama PGN tersebut. “Hingga saat ini, PTKS terus melakukan pengembangan kapasitas produksi baja. Pada tahun 2025 nanti kapasitas produksi baja di kawasan industri Krakatau Steel akan meningkat hingga 10 juta ton per tahun. Untuk itu, tidak hanya bidang energi yang dapat dikerjasamakan, tapi termasuk bidang logistik, air industri, pengembangan kawasan dan infrastruktur lainnya,” ujarnya

Dari kerjasama ini, lanjut Silmy, PTKS akan memperoleh peningkatan daya saing melalui efisiensi biaya produksi dengan pasokan gas yang kompetitif. Selain itu, PTKS diharapkan memperoleh tambahan pendapatan melalui kerjasama pengelolaan bisnis gas bumi serta bertambahnya investor yang mendayagunakan kawasan industri yang dimiliki anak perusahaan PTKS,” tutupnya. (hen/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *