(VIDEO) Film Dokumenter Tari Bedana Karya Mahasiswa PKM-PSH Unila

  • Whatsapp

radarcom.id – Film dokumenter budaya Lampung tentang Tari Bedana karya Mahasiswa PKM-PSH Universitas Lampung sudah dilakukan penayangannya, Rabu (18/6/2019).

Film Tari Bedana ini disutradarai oleh Amri Sukroeni Ziddan. Melibatkan 20 orang dengan waktu pengerjaan 1 bulan.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

“Adapun lokasi pembuatan adalah  di Taman Budaya, kampus A Unila Jl. Panglima Polim. Lalu, di bukit kapur Segalamider, dan Votage Bisa,” kata ketua PKM M. Naruli Saputra kepada radarcom.id, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan, penayangan film dokumenter Tari Bedana  berlangsung di Gedung J5 dan J6 FKIP Unila, Selasa (18/6/2019). Dihadiri 58  orang dengan tujuan untuk mengukur pengetahuan nilai kearifan lokal dan edukasi budaya di Provinsi Lampung.

Film dokumenter Tari Bedana ini merupakan produk dari Program Kreatifitas Mahasiswa dalam bidang Penelitian Sosial Humaniora yang telah mendapatkan pendanaan oleh Kemristekdikti.

Penelitian ini dilakukan oleh 3 orang mahasiswa FKIP Unila (lintas Program Studi) yakni 2 orang dari Pendidikan Sejarah dan 1 orang Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik, yang dibimbing oleh Bapak Sumargono, S. Pd., M. Pd.

“Pembuatan Film Dokumenter ini dilatarbelakangi oleh Tari Bedana merupakan satu dari banyaknya budaya di Lampung, yang telah menjelma menjadi kearifan lokal. Perkembangan budaya ini, dapat diidentifikasi dari segi pakaian tari, gerak, dan media penyampaian budaya tersebut. Selama ini yang kita tahu penyampaian media budaya hanya berupa pertunjukan ataupun hanya sebuah gambar yang menyajikan penggambaran umum tari bedana,” pungkasnya. (rci/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *