Berita Utama Usai Dilantik, Gubernur dan Wagub Lampung Diajak Mendagri ke KPK

Usai Dilantik, Gubernur dan Wagub Lampung Diajak Mendagri ke KPK

Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung ke KPK. ©2019 Merdeka.com
Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung ke KPK. ©2019 Merdeka.com

radarcom.id – Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung. Usai pelantikan, keduanya langsung diajak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersilaturahmi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tjahjo mengatakan, kedatangannya untuk berdialog kepada Pimpinan KPK terkait pencegahan korupsi. Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Tjahjo juga mengajak Gubernur Maluku Murad Ismail bersama wakilnya Barnabas Orno, serta Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba beserta wakilnya Al Yasin Ali.

“Seperti biasa setelah dilantik kita ajak ke KPK untuk berdiskusi dan berdialog yang berkaitan strategi pencegahan korupsi dan hal-hal yang mungkin ada masukan dari ketua KPK,” ujar Tjahjo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019) dikutip merdeka.com.

BACA  Reskrim Tiga Polsek Juarai Lomba Olah TKP

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atauJokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6). Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 49/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024.

Sebelum dilantik, Jokowi menyerahkan petikan Keppres kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. Petikan Keppres tersebut diserahkan langsung oleh Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Usai menyerahkan petikan Keppres, Jokowi bersama Jusuf Kalla diikuti Tjahjo Kumolo dan Arinal Djunaidi- Chusnunia Chalim melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Tiba di Istana Negara sekitar pukul 10.07 WIB, pelantikan dimulai.

BACA  AKHI Lampung Manasik Haji di Masjid Ar-Rahman Metro

Jokowi kemudian membimbing Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim untuk mengambil sumpah jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ujar Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim meniru ucapan Jokowi.

Setelah pengucapan sumpah, Jokowi yang disusul Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim menandatangani berita acara pelantikan. Selanjutnya Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja serta pimpinan lembaga memberikan ucapan selamat kepada Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim.

BACA  Impor Lampung Capai US$ 480.08 Juta

Hadir dalam pelantikan ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (mdk/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini