Berita Utama Unila Jadi Contoh Kampus Yang Toleran

Unila Jadi Contoh Kampus Yang Toleran

Foto Istimewa
Foto Istimewa

radarcom.id – Akhir-akhir ini ada beberapa pihak yang ingin membenturkan  antar agama dengan isu-isu intoleransi di Perguruan tinggi Negeri dibeberapa daerah.

Tapi beda dengan kampus Unila, digelar acara yang sangat menarik dan menjadi inspirasi untuk semua pihak, yaitu Aksi Sosial Mahasiswa atau disingkat AKSOMA. AKSOMA ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian yaitu UKM Kristen, UKM Katolik, UKM Hindu, UKM Budha dan UKM Bina Rohani Islam (Birohmah), pada (24/5/2019) lalu.

BACA  Unila Luncurkan Desa Mitra

Tentu ini bentuk toleransi yang sangat baik yang dilakukan dan dicontohkan oleh para mahasiswa khususnya para pengurus UKM Kerohanian.

Foto Istimewa
Foto Istimewa

AKSOMA ini bertema “Satu Langkah Kecil Berbagi Dalam Kesederhanaan”, tema yang diambilpun sangat condong kepada kebersamaan dan keberagaman, tidak ada yang mendominasi sedikitpun.

Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Bussaina, sebelumnya seluruh UKM yang tergabung bersama-sama menghimpun dana melalui media sosial, penggalangan langsung dll.

BACA  Ucapkan Bismillah, Andi Surya Serahkan Berkas Calon Walikota di PDIP Metro

“Kegiatan ini adalah insiatif bersama, kita ingin masyarakat dan civitas akademika tau bahwa kita ini menjaga Bhineka Tunggal Ika, menjaga kerukunan, menjaga toleransi,” ungkap Pras yang juga panitia penyelenggara kegiatan ini.

Dukungan pun disampaikan oleh banyak pihak, salah satunya dari Yohanes Parlindungan Simamora salah satu mahasiswa Teknik Mesin Unila yang komentar dipostingan Instagram UKM Khatolik “🙏🏻Lanjutkan min” cuit nya.

BACA  Selamat, Kasat Reskrim AKP Edi Qorinas Raih Penghargaan Bupati Tanggamus

Tak hanya itu cuitan juga muncul dari Muhammad Akbar Mahasiswa Teknik Geologi Mulawarman “MasyaAllah, Nafiun Lighoirihi (arti: bermanfaat untuk orang lain)” cuitnya dikolom komentar Instagram UKM Bina Rohani Islam (Birohmah).

Dari kegiatan ini masyarakat, civitas akademika, bahkan seluruh perguruan tinggi patut mencontoh kegiatan-kegiatan positif yang bernuansa toleransi, kebersamaan, keberagaman antar ummat beragama harus dilestarikan dan digaungkan. (rls/Iis)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini