Berita Utama Bulog Pastikan Stok Komoditi Pangan di Lampung Aman Hingga Hari Raya

Bulog Pastikan Stok Komoditi Pangan di Lampung Aman Hingga Hari Raya

Foto Hendra Irawan/©radarcom.id
Foto Hendra Irawan/©radarcom.id

radarcom.id — Selama Ramadhan dan jelang Hari Raya Iedul Fitri 1440 H, Perum Bulog Divisi Regional Lampung menjamin kebutuhan pangan aman hingga 2020.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung Faisal mengatakan Perum Bulog Divisi Regional Lampung menjamin ketersediaan komoditi pangan yang dikelola stok yang tersedia di gudang-gudang Perum Bulog Divreg Lampung. Cukup untuk memenuhi kebutuhan beras medium Provinsi Lampung hingga 2020 mendatang.

Foto Hendra Irawan/©radarcom.id
Foto Hendra Irawan/©radarcom.id

Selain komoditi beras yang tersimpan di gudang, ada juga komoditi lainnya seperti gula pasir, minyak goreng, beras premium, tepung terigu, bawang merah, telur ayam, dan bakso,” ujar Faisal kepada awak media Lampung sesaat buka bersama di Hotel Batiqa Lampung, Senin (20/5).

Lanjut Faisal, saat ini Perum Bulog selain menyalurkan Pangan Beras untuk keperluan Public Service Obligatin (PSO)/Pelayanan Publik seperti Bansos RASTRA, Cadangan Pangan Pemerintah dan Bencana Alam.

BACA  Bangunlah Jiwanya!

“Perum Bulog juga memiliki komoditi Komersial yang di perdagangkan secara umum kepada masyarakat, jadi masyarakat yang membutuhkan komoditi selain Beras Medium dapat terpenuhi,” kata Faisal.

”Komoditi Bulog diperdagangkan dengan Label KITA, yaitu Beras KITA, Gula Manis Kita, Minyak Goreng KITA, Terigu KITA, dan Bakso KITA. Perum BULOG Divre Lampung juga tetap Fokus dalam menjalankan tugas utamanya sebagai stabilisator harga. Baik di tingkat produsen maupun konsumen. Di tingkat produsen Perum Bulog Divre Lampung terus melakukan upaya Penyerapan Hasil Produksi Petani Lampung,” ujarnya.

Untuk serapan gabah/beras Perum Bulog Divre Lampung sampai dengan 19 Mei 2019 telah mencapai 35.158 Ton (setara beras) atau berkisar 34.44% dari target yang ditetapkan oleh pemerintah untuk penyerapan Gabah/Beras Bulog Divre Lampung yakni sebesar 102.079 Ton.

BACA  Mantul! Program 1 Rumah 1 Kentongan di Pringsewu

Hasil serapan gabah/beras petani Lampung tidak terbatas hanya kepada penugasan sesuai Inpres No. 5 Tahun 2015 kualitas beras medium. Tetapi juga melakukan penyerapan beras premium untuk memenuhi kebutuhan pasaran Komersial Perum Bulog Divre Lampung.

Sedangkan pada stabilisasi harga pada tingkat konsumen, Perum Bulog Divre Lampung terus melakukan kegiatan Penyaluran Bansos Rastra (Beras Keluarga Sejahtera) kepada Masyarakat Peberima Manfaat (KPM), Kegiatan Operasi Pasar, Kegiatan Ketersediaan Pasokan dan stabilisasi harga dengan menggunakan komoditi beras medium yang dilakukan sepanjang tahun.

Ditambahkan Faisal, selama bulan Ramadhan ini Perum BULOG Divre Lampung juga bekerja sama dengan beberapa Pemerintah Daerah, seperti Pemerintah Kota Bandar Lampung dengan melakukan kegiatan Pasar Murah di 20 Kecamatan se-Bandar Lampung.

Pemkab Pesawaran, dan Dinas Perdagangan Provinsi (di Kab. Tulang Bawang, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Tengah dan Lampung Timur).

BACA  Resmi Mengaspal, New Calya Tampil Agresif dan Makin Elegan

“Perum Bulog Divre Lampung juga menyediakan berbagai ragam paket Idul Fitri. Yaitu Paket RAHMAT. Sampai dengan saat ini beberapa dinas/instansi yang telah memesan paket antara lain yaitu Bank Indonesia, BRI, Taspen, BPJS Ketenagakerjaan, Bukit Asam, Pemerintah Kota Bandar Lampung, Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, PKK Kota Bandar Lampung, Darma Wanita Universitas Lampung, Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran, Universitas Muhammadiyah, serta Ikatan Istri BUMN,” jelasnya.

Paket ini tidak hanya dapat dipesan oleh instansi dalam partai besar, pemesanan paket juga dapat dilakukan secara perorangan sehingga siapapun dapat memesan paket sebagai buah tangan kepada keluarga, tetangga, rekan atau dibagikan sebagai ucapan syukur kepada orang yang membutuhkan. (hen/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini