Berita Utama Akhir Pekan, Tiga Gunung Erupsi

Akhir Pekan, Tiga Gunung Erupsi

Erupsi Gunung Agung, Minggu (12/5/2019). Foto Istimewa

radarcom.id – Pada akhir pekan 11-12 Mei 2019, Gunung Sinabung, Gunung Anak Krakatau dan Gunung Agung di Bali dilaporkan erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung melaporkan, erupsi Gunung  Sinabung, Sumatera Utara terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2019 pukul 20:39 WIB. Tinggi kolom abu tidak teramati. Letusan ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 9 milimeter dan durasi sekitar 33 menit. Petugas pos pengamatan Gunung Sinabung juga mencatat terlihatnya titik api.

BACA  Wiranto: Media Sosial Kita Nonaktifkan Sementara untuk Hindari Hoax

Gunung yang berstatus level IV  atau Awas ini masih berbahaya didekati orang dalam radius 3 kilometer untuk sektor utara -barat, kemudian 4 kilometer pada sektor selatan – barat, dan dalam jarak 7 kilometer di sektor selatan – tenggara. Radius bahaya berjarak 6 kilometer juga untuk sektor tenggara – timur serta radius jarak 4 kilometer untuk sektor utara –timur.

BACA  Cerita Hafidh, Anak Penjual Mainan Peraih Nilai 100 di Semua Mata Pelajaran UN

Pada Minggu (12/5/2019) PVMBG melaporkan erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada pukul 10:03 WIB. Tinggi kolom abu tidak teramati dan tidak disertai suara dentuman. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 45 milimeter dan durasi 10 menit 42 detik. Saat ini Gunung Anak Krakatau berstatus level II atau Waspada. Larangan mendekat berlaku dalam radius dua kilometer dari kawah.

Minggu (12/5/2019) pukul 22:29 WITA Gunung Agung dilaporkan meletus, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 16 detik. Petugas pos pemantau di Rendang melaporkan terdengar suara dentuman letusan.

BACA  Polisi Kejar-kejaran Dengan Pencuri Truk Hingga Tabrak Tembok, Begini Akhirnya

Gunung Agung kini berada pada status level III atau Siaga. Daerah berbahaya untuk dijauhi dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak. (tmp/rci)

Sumber: tempo.co

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini