Berita Utama Peserta Jamnas TS Indonesia Tanam Bibit Pala di Tahura

Peserta Jamnas TS Indonesia Tanam Bibit Pala di Tahura

Ketua TS Owners Indonesia Agok Sugianto dan Anggota DPRD Lampung H. Ali Imron (kanan). Foto Istimewa

radarcom.id –  Komunitas pecinta sepeda motor Suzuki TS Indonesia menanam 5000 bibit pala di Hutan Kawasan Tahura Wanita Abdurrahman, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (9/2).

Penyerahan bibit pala untuk penghijauan hutan itu secara simbolis dilakukan oleh Ketua TS Owners Indonesia Agok Sugianto.

Turut melakukan penanam bibit pala, anggota DPRD Provinsi Lampung H. Ali Imron, perwakilan PT Bukit Asam Ahmad Sai, Kajari Mukomuko, Bengkulu Agus Listianto, Kepada Dinas Pekerjaan Umum Mukomuko Bengkulu Apriansyah.

Menurut Agok, bakti sosial penanam bibit pala ini merupakan rangkaian kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Suzuki TS 2019 yang berlangsung di Zona 235 Pesawaran. Kegiatan yang berlangsung pada 9-10 Februari 2019, dikuti sekitar 350 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA  Ini Buktinya, Dana Desa Rentan Korupsi

“Setiap kami melakukan kegiatan, komunitas TS Indonesia berusaha melakukan kegiatan sosial. Pada Jamnas di Lampung, kami melakukan penanaman bibit pala di Hutan Kawasan Tahura,” katanya.

Menurut Agok, penanam bibit pala ini merupakan bentuk kepedulian komunitas pecinta sepeda motor Suzuki TS terhadap kelestarian hutan. “Bagi kami, hutan adalah bagian dari kehidupan. Kami ini sering bermain di hutan. Karena itu, kami mencintai hutan,” katanya.

BACA  Hasil Penjualan Buku 'Aku Bukan Boeng Karno' untuk Bantu Pendidikan Daerah Terpencil

Dia berharap, kegiatan ini menjadi penyemangat komunitas masyarakat, khususnya warga yang bermukim di sekitar hutan, untuk bisa bersama-sama mencintai hutan dengan menjaga kelestariannya.

Sementara Ali Imron tertarik dengan kepedulian para komunitas pecinta sepeda motor Suzuki TS terhadap kelestarian lingkungan. “Ini kegiatan positif yang harus didukung. Melestarikan hutan bukan hanya tugas pemerintah, dari seluruh komponen masyarakat,” ujar politisi dari Lampung Timur ini.

BACA  Peringati Bulan K3 Nasional, PGN Group Gelar Donor Darah Bersama Unila

Imron berharap, kegiatan ini dapat diikuti masyarakat lain, khususnya di Lampung dengan melakukan hal yang sama di kawasan hutan lainnya. “Banyak kawasan hutan di Lampung yang perlu dihijaukan,” katanya.

Menghijaukan hutan, kata dia, tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, terutama untuk menjaga ketersediaan air maupun mencegah longsor.

Masyarakat juga bisa memperoleh manfaat, dengan menanam tanaman konservasi yang menghasilkan.

“Tentu, ada kawasan hutan yang bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat ada juga yang tidak. Namun, kawasan hutan harus dilestarikan,” katanya. (rci/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini