Berita Utama Pengembangan dari e-KTP, BPPT Gagas e-ID

Pengembangan dari e-KTP, BPPT Gagas e-ID

radarcom.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggagas ide e-ID, yakni identitas elektronik multiguna sebagai pengembangan lebih lanjut dari e-KTP. Bila e-ID terwujud, layanan negara bisa diakses via ponsel. e-ID juga bisa membantu mengatasi peredaran hoax di media sosial.

BACA  Video Gus Miftah: Lagu Padamu Negeri Bukan Musyrik, Tapi Mengajak Cinta Tanah Air

“e-ID adalah suatu metode pembuktian identitas seseorang secara elektronik. Secara prinsip, e-ID ini akan lebih luas pemanfaatannya dari pada KTP elektronik,” kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Makassar, Kamis (7/2/2019), sebagaimana keterangan pers BPPT.

BACA  Badan Informasi Geospasial Buka Suara Soal Rentetan Gempa Megathrust

Ini adalah gagasan kerjasama BPPT dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Hammam menjelaskan, zaman sekarang adalah era layanan via ponsel atau komputer. Nantinya, layanan pemerintah bisa diakses masyarakat lewat aplikasi berbasis Android maupun iOS. Identitas pengakses juga bisa diketahui dengan mudah. Ini juga sesuai dengan visi ‘Dukcapil Go Digital’.

BACA  Politisi Asal Lampung Ini Tutup Pidato dengan Pantun Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Identitas palsu juga bisa dicegah karena e-ID terkoneksi dengan jaringan internet. Tak akan ada lagi pembuatan identitas palsu media sosial dengan mudah. 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini