Rahmat Mirzani Djausal Bagi Tips Sukses Hadapi Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp
Foto Istimewa

radarcom.id – Era Industri 4.0 tak terelakkan lagi dan harus dihadapi generasi muda Indonesia. Dalam pandangan mantan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Lampung Rahmat Mirzani Djausal, mahasiswa harus siap menghadapi tantangan era 4.0 tersebut.

Mirza yang merupakan salah satu tokoh pemuda Lampung dan pengusaha muda yang sukses menjadi pemateri dalam Seminar Kepemudaan yang digelar Politeknik Negeri Lampung, Minggu (9/12/2018). Dalam seminar bertema ‘Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan di Era 4.0’ tersebut dia membeber banyak kiat menyongsong masa depan.

Bacaan Lainnya

Menurut Mirzani, banyak hal yang bisa diaplikasikan mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Pertama harus keluar zona nyaman. Sebenarnya bukan hanya revolusi 4.0 saja, misalnya kita melihat beliau (Dedi Afrizal, Red) yang berani keluar dari zona nyaman sebelumnya perawat namun saat ini bisa menjadi Ketua DPRD Provinsi Lampung,” ungkapnya di hadapan para mahasiswa dan Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal yang juga menjadi salah satu pemateri di seminar tersebut.

Mahasiswa sebaiknya tidak lagi cukup dengan memiliki pengetahuan. Namun juga memiliki keterampilan memadai, manajerial, kemampuan jejaring yang luas, adaptasi, teknologi, informasi, dan kegiatan lain. Mahasiswa juga diminta mengasah intelektualnya, kemudian skill berorganisasi dan menguatkan skill serta membangun akhlak yang mulia.

“Selain itu yang terakhir adalah menumbuhkembangkan enterpreneurship,” jelas Mirza.

Mirza menilai sebagai anak muda yang akan menjadi salah satu peserta bonus demografi dengan puncaknya 2030, harus bisa survive (mampu bertahan) di era digital. Tidak hanya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk sekedar chating. (rci/rgl/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *