Pelajar SMA Ikuti “Sekelik Bea Cukai”, Ini Dia Keseruannya

  • Whatsapp
Kepala Kanwil DJBC Sumbagbar, Yusmariza. Foto Istimewa

radarcom.id –  Kantor Wilayah (Kanwil) DJBC Sumatera Bagian Barat dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Bandarlampung bersinergi dalam menyelenggarakan kegiatan kehumasan berjudul “Sekelik Bea Cukai”.

Acara yang diikuti oleh para peserta perwakilan siswa-siswi SMA dan SMK se-Bandarlampung ini bertujuan untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada generasi milenial khususnya siswa-siswi SMA dan SMK serta untuk membagikan pengalaman merasakan menjadi Pegawai Bea dan Cukai selama sehari pada (14/11/2018).

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Acara ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJBC Sumbagbar, Yusmariza. Dalamsambutannya, menjelaskan tentang tugas dan fungsi bea cukai kepada peserta Sekelik Bea Cukai. Bea Cukai bertugas mengawasi arus keluar masuk atau lalu lintas barang, dan memfasilitasi perdagangan internasional dan memfasilitasi industri, juga menjaga perbatasan dari perdagangan barang ilegal dan berbahaya.

Para siswa-siswi peserta acara. Foto Istimewa

Yusmariza yang juga merupakan Alumni SMA 2 Bandarlampung, pun turut mempromosikan kepada peserta bagaimana cara mendaftar menjadi pegawai Kementerian Keuangan khususnya Bea Cukai.

“Anak-anak dikalangan remaja saat ini sangat aktif di bidang sosial media, dimana itu dapat membantu Bea Cukai dalam menyebarkan edukasi dan informasi kepada masyarakat apabila timbul berita negatif tentang Bea Cukai. Maka dari itu kita kumpulkan anak muda zaman sekarang agar menjadi sahabat Bea Cukai, dengan harapan mereka dapat menjadi rekan dan humas Bea Cukai,” jelasnya.

Foto Istimewa

Tingkat antusiasme para peserta ditunjukkan dengan betapa semangatnya mereka saat mengikuti rangkaian acara yang berlangsung seru. Mulai dari penjemputan di Taman Gajah Bandar Lampung, kunjungan ke setiap Seksi di Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, kunjungan ke Kantor Pos Lalu Bea Bandar Lampung, dan peserta juga diajak untuk menaiki Kapal Patroli Bea Cukai, serta ikut patroli laut di sekitar Teluk Lampung. Para Peserta juga diberi kesempatan untuk menggunakan kostum CET (Customs Enforcement Team) dan berfoto dengan salah satu pegawai CET.

Siswa-siswi peserta acara ini berasal dari berbagai sekolah antara lain SMA Negeri 1 Bandarlampung, SMA Negeri 2 Bandarlampung, SMA Negeri 3 Bandarlampung, SMA Negeri 5 Bandarlampung, SMA Negeri 9 Bandarlampung, SMA Negeri 10 Bandarlampung, SMK Negeri 1 Bandarlampung, SMK Negeri 4 Bandarlampung, SMK SMTI Bandarlampung, SMA Al Kautsar, SMA YP Unila, SMA Xaverius, SMA Fransiskus, dan SMA Trisakti. Tiap sekolah diwakili oleh 2 orang peserta dan keseluruhan peserta adalah 24 siswa dan siswi.

“Dengan diadakannya acara ini, diharapkan para generasi muda dapat mengenal lebih jauh terkait peran dan tugas serta fungsi Bea Cukai dalam mengumpulkan penerimaan negara maupun pengawasan dan keamanan negara, serta para generasi muda diharapkan dapat ikut serta menjadi bagian dari Keluarga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk Bea Cukai makin baik,” pungkasnya. (rci/ist/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *