HTML Image as link Qries

Gempa Bumi Tektonik M=5,4 Guncang Bengkulu Termasuk Gempa Menengah

bmkg.go.id

radarcom.id – Gempa bumi terjadi pada Sabtu (3/11) pukul 22.58.33 WIB, di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,4 (update). Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,9 LS dan 101,72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km arah barat Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 68 km.

banner 300600

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, ST, Dipl. Seis, M.Sc., mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah.

“Akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera. Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault),” ungkapnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bengkulu Kota dengan intensitas III – IV MMI, Kepahiang, Mukomuko, Manna dengan intensitas III MMI, Sementara Kaur, Empat Lawang, Linggau dan Lahat II-III MMI, Sedangkan Liwa II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Hingga pukul 23.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *